• Masa Depan Politik Aceh Masa Depan Politik Aceh

    Gagasan pemikiran politik masa depan Aceh di lihat dari dua hal, yaitu pengaruh kepentingan elit politik pusat terhadap kekhususan politik lokal Aceh dan perilaku elit politik. Kedua pondasi itu harus mencerminkan narasi yang ideal berorientasi pada semangat membawa perubahan bagi masyarakat Aceh. Bukan malah semakin terpuruk jauh dari mimpi dalam mewujudkan Aceh yang sejahtera, adil, dan makmur. Intinya, narasi politik yang dibangun bukanlah sama sekali jauh dari harapan publik di Aceh.  

    Analisis | 7 bulan lalu
  • Blunder Moderasi Kerukunan Umat oleh TNI Blunder Moderasi Kerukunan Umat oleh TNI

    Wacana TNI memoderasi umat beragama yang kini menyebar seperti kehilangan kompas. Pertama, publik banyak tak tahu siapa yang memunculkan wacana ini. Tiba-tiba ia lepas dari tangkap dan meriuhkan ruang pemikiran publik. Kedua, wacana ini seperti amnesia sejarah, muncul lagi oleh piloks-piloks politik kekinian yang tak otentik, sehingga tak menyadari bahwa praktiknya bisa berbahaya bagi perkembangan demokrasi di Indonesia.

    Analisis | 7 bulan lalu
  • Penyelenggara Haji Mandiri Aceh, Mungkinkah? Penyelenggara Haji Mandiri Aceh, Mungkinkah?

    Wacana penyelenggaraan haji secara mandiri menguat setelah pihak otoritas Arab Saudi menunda pelaksanaan ibadah haji tahun 2020 akibat pandemi Covid 19. Wacana itu menguat dari Provinsi Aceh, provinsi yang notabene merupakan wilayah otonomi khusus dalam wilayah Indonesia.  

    Analisis | 8 bulan lalu
« 1 2 3 4 »