Logo Dialeksis

  • Mendudukkan Pemikiran Perihal Stiker BBM Pemerintah Aceh Mendudukkan Pemikiran Perihal Stiker BBM Pemerintah Aceh

    Pemerintah Aceh sebagai pemegang otoritas tertinggi kepemerintahan di Aceh memiliki hak mengatur dan menata perekonomian masyarakat Aceh, termasuk menata premium dan solar bersubsidi agar tersalurkan tepat sasaran. Namun, Pemerintah Aceh hendaknya menggunakan cara-cara yang elegan dalam mengatur dan menata ketersaluran premium tersebut.

    1 bulan lalu
  • Aceh Kini, Sesuai Ekspektasi Wali? Aceh Kini, Sesuai Ekspektasi Wali?

    "Geutanyoe bangsa Aceh, beu ta thei droë dan beu ta tusoë droë, bek sampoë jeuet ke bangsa lamiet njang di jajah dan di boeh atô lé bangsa laén". Teungku Hasan Tiro.

    1 bulan lalu
  • Sepeda dan Perempuan Sepeda dan Perempuan

    Sepeda saat ini bukan lagi alat untuk berolahraga di era pascamodern ini. Ada banyak hal yang berubah drastis dan ikut mengubah perilaku dan cara berpikir manusia. Peradaban modern ini ditandai dengan mengembangnya suatu fenomena budaya dengan cepat, secepat ia mengempis. Tata nilai tunggang-langgang, melesat, dan kemudian hilang. Seperti istilah dari sosiolog, Anthony Giddens, runaway world!

    1 bulan lalu
  • Akar Kekerasan dan Ekstrimisme Akar Kekerasan dan Ekstrimisme

    DIALEKSIS.COM | Erich Fromm (dalam The Anatomy of Human Destructiveness, 1973), seorang filsuf asal Jerman membahas kajian psikologi tentang kekerasan secara detail dan mendalam melalui perspektif yang belum pernah dipaparkan sebelumnya. Bagi Fromm, kekerasan yang dilakukan manusia yang memang telah terjadi sepanjang sejarah umat manusia--terkait dengan faktor eksistensialitas. Baginya, kekerasan tidak hanya mutlak dilandasi oleh faktor instingtif atau dorongan alamiah sebagaimana insting pada hewan. 

    3 bulan lalu
  • Pandemi Covid-19, KPM-DRI dan Stagnasi Pikiran Pandemi Covid-19, KPM-DRI dan Stagnasi Pikiran

    Bahkan, Pengabdian Masyarakat kali ini sangat jauh berbeda dirasa oleh mahasiswa. Selain hanya di rumah, mahasiswa hanya dibatasi memilih salah satu dari berbagai kegiatan yang telah ditentukan oleh pihak universitas, seperti membuat artikel dengan tema tertentu saja, membuat flayer dan sebagainya.

    Pembatasan ini sangat membingungkan bagi mahasiswa di mana mereka harus menyelesaikan sekelumit tugas dengan bimbingan online yang sangat-sangat terbatas pula. Hal ini tentu merampas kreatifitas mahasiswa, dan membuat stagnasi (pembatasan) pikiran.


    4 bulan lalu
  • Covid-19: Cara Menghadapinya dengan Tafakkur Covid-19: Cara Menghadapinya dengan Tafakkur

    Setelah secara resmi Pemerintah menyatakan keadaan darurat untuk kasus corona virus disease covid-19, kondisi sosial kemasyarakatan agak terguncang. Hal ini disebabkan oleh karena cara pencegahan penularannya yang menuntut kita untuk melakukan social distancing (menjaga jarak dengan orang lain).

    4 bulan lalu
  • Resiliensi dan Covid-19, Aceh Banyak Belajar dari Pengalaman Resiliensi dan Covid-19, Aceh Banyak Belajar dari Pengalaman

    Dalam dunia psikologi ada yang namanya resiliensi. Mengutip Dictio.id (2018), R-G Reed berpendapat, resiliensi adalah kapasitas atau kemampuan untuk beradaptasi secara positif dalam mengatasi permasalahan hidup yang signifikan.

    4 bulan lalu
  • Ayo Kita Jaga Jarak Ayo Kita Jaga Jarak

    Coronavirus merupakan keluarga besar virus yang dapat menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. Virus ini dapat menyebabkan penyakit, baik pada hewan ataupun manusia. 



    5 bulan lalu
« 1 2 3 4 5 »