Beranda / Gaya Hidup / Seni - Budaya / Penulis Sri Lanka Menangkan Booker Prize 2022

Penulis Sri Lanka Menangkan Booker Prize 2022

Selasa, 18 Oktober 2022 22:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Penulis Sri Lanka Shehan Karunatilaka memenangkan Booker Prize untuk novel keduanya "The Seven Moons of Maali Almeida". [Foto: Kate Green/Getty Images]


DIALEKSIS.COM | Dunia - Penulis Sri Lanka Shehan Karunatilaka memenangkan Booker Prize untuk novel keduanya "The Seven Moons of Maali Almeida," tentang seorang fotografer perang yang mati dalam misi di akhirat, Senin (17/10/2022).

Karunatilaka menerima piala dari Permaisuri Camilla pada upacara penghargaan sastra bahasa Inggris pertama sejak 2019. Dia juga mendapat hadiah £50.000 (Rp878 Juta).

Mengambil situasi perang saudara di Sri Lanka tahun 1990, Kisah Karunatilaka menceritakan fotografer perang dan penjudi Maali Almeida, yang terbangun dalam keadaan mati.

Waktu sangat penting bagi Maali, yang memiliki waktu tujuh bulan untuk menjangkau orang-orang terkasih dan membimbing mereka ke foto-foto tersembunyi yang diambilnya yang menggambarkan kebrutalan konflik negaranya.

"Harapan saya untuk 'Seven Moons' adalah bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama akan dibaca di Sri Lanka yang telah memahami bahwa ide-ide korupsi, ras dan kronisme ini tidak berhasil dan tidak akan pernah berhasil," kata Karunatilaka dalam pidato penerimaannya.

Ia juga berharap, Sri Lanka belajar dari kisah-kisahnya dan 'Seven Moons' akan ada di bagian fantasi toko buku dan tidak akan disalahartikan sebagai realisme atau satir politik.

Daftar pendek pesaing Booker Prize tahun ini termasuk "Treacle Walker" penulis Inggris Alan Garner, "Glory" penulis Zimbabwe NoViolet Bulawayo, "Small Things Like These" oleh penulis Irlandia Claire Keegan, penulis AS Percival Everett "The Trees" dan "Oh William! " oleh penulis AS Elizabeth Strout. [CNN]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
distanbun 12
Komentar Anda