dinsos
Beranda / Gaya Hidup / Seni - Budaya / Geetanjali Shree Jadi Penulis India Pertama Menangkan International Booker Prize

Geetanjali Shree Jadi Penulis India Pertama Menangkan International Booker Prize

Jum`at, 27 Mei 2022 15:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Penulis India Geetanjali Shree telah memenangkan International Booker Prize. [Foto: David Cliff/AP]


DIALEKSIS.COM | India - Penulis India Geetanjali Shree telah memenangkan Penghargaan Buku Internasional, menjadikannya penulis pertama dari negara Asia Selatan yang meraih penghargaan sastra bergengsi.

Novel pemenang Shree, "Tomb of Sand,"menceritakan seorang wanita berusia 80 tahun saat dia mendapatkan kesempatan hidup baru setelah kematian suaminya. Ditetapkan dalam bayang-bayang sekat-sekat India tahun 1947, Shree mengeksplorasi tema-tema trauma, keibuan, dan feminisme.

Diterjemahkan dari bahasa Hindi ke bahasa Inggris oleh Daisy Rockwell, buku ini menjadi yang pertama dalam bahasa India yang memenangkan penghargaan, mengakui fiksi yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris dan diterbitkan di Inggris atau Irlandia.

International Booker Prize terpisah dari Booker Prize, yang diberikan kepada novel yang ditulis dalam bahasa Inggris. Pada tahun 1997, penulis India Arundhati Roy menjadi orang India pertama yang memenangkan Booker Prize untuk novelnya, "The God of Small Things."

Shree dan penerjemah Amerika Rockwell akan membagi hadiah uang £50.000 ($63.000).

"Saya tidak pernah memimpikan Booker, saya tidak pernah berpikir saya bisa," kata Shree saat pidato penerimaannya di London, Kamis (26/5/20220. 

"Pengakuan yang luar biasa. Saya kagum, senang, terhormat, dan rendah hati," tutur Shree.

Ketua juri, Frank Wynne, mengatakan buku itu memiliki kegembiraan dan kehidupan, kekuatan dan gairah, yang dapat dilakukan dunia saat ini.

"Ini adalah novel bercahaya dari India dan sekat-sekat, novel yang memukau dan kasih sayang yang kuat menjalin pemuda dan usia, pria dan wanita, keluarga dan bangsa menjadi satu kesatuan kaleidoskopik," kata Wynne.

Penulis, kritikus dan penyiar, Viv Groskop, menyebutnya kelas master yang nyata dalam narasi, dalam mengeksplorasi identitas dan pandangan cemerlang pada hubungan keluarga. [CNN]

Keyword:


Editor :
Indri

dinas perikanan
dinas pendidikan dayah
esdm
Komentar Anda