Beranda / Parlemen Kita / DPRA Harap Kabupaten/Kota di Aceh Miliki Inovasi Samsat Warung Kopi seperti Samsat Warung Kopi

DPRA Harap Kabupaten/Kota di Aceh Miliki Inovasi Samsat Warung Kopi seperti Samsat Warung Kopi

Kamis, 23 Mei 2024 22:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) merekomendasikan agar ke depan semua kabupaten/kota di Aceh tersedia layanan Samsat Warung Kopi sebagaimana sudah diterapkan oleh Samsat Kota Lhokseumawe.[Foto: Net]


DIALEKSIS.COM | Lhokseumawe - Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) merekomendasikan agar ke depan semua kabupaten/kota di Aceh tersedia layanan Samsat Warung Kopi sebagaimana sudah diterapkan oleh Samsat Kota Lhokseumawe.

“Kami melihat proses layanan pembayaran pajak kendaraan di Samsat Warung Kopi ini sangat cepat, hanya membutuhkan waktu 2 menit saja sudah selesai. Inovasi seperti ini sangat kami rekomendasi agar kedepan semua kabupaten/kota di Aceh tersedia layanan Samsat Warung Kopi,” ujar Ketua Komisi III DPRA, Ansari Muhammad, saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kota Lhokseumawe pada Rabu (22/5/2024).

Kunjungan itu, layaknya sebuah inspeksi mendadak yang bertujuan untuk memantau secara langsung bagaimana Samsat Lhokseumawe melayani masyarakat dan capaian target pendapatan pajak kendaraan bermotor (PKB) pada triwulan pertama 2024.

Kedatangan rombongan Komisi III DPRA yang dipimpin oleh Ketua, Ansari Muhammad, disambut oleh Kepala UPTD Wilayah V BPKA/Samsat Kota Lhokseumawe, Chaidir, dan jajarannya.

Kunjungan diawali ke Kantor Induk Samsat Kota Lhokseumawe. Komisi III memantau langsung bagaimana proses pembayaran (PKB). “Layanan sudah tertib dan prosesnya cepat. Masyarakat tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan pelayanan, layanan ini perlu dipertahankan dan ditingkatkan," ujar Ansari Muhammad.

Setelah meninjau pelayanan di kantor Samsat induk, rombongan Komisi III beranjak menuju Samsat Warung Kopi yang berlokasi di ACC Coffee, Gampong Kota Lhokseumawe, Kecamatan Banda Sakti. Itu merupakan sebuah program unggulan pada Samsat Lhokseumawe.

“Kami yakin partisipasi masyarakat dalam pembayaran PKB semakin meningkat, karena masyarakat akan nyaman dengan suasana santai di warung kopi. Ini patut menjadi contoh bagi Samsat lain di Aceh bagaimana pembayaran PKB yang cepat, mudah dan menyenangkan," tegas Ansari.

Lanjut dia, dengan adanya program pelayanan ini, Ketua Komisi III tersebut yakin bahwa Pendapatan Asli Aceh (PAA) dari pajak kendaraan bermotor akan semakin meningkat.

Tak hanya itu, Ansari juga mengungkapkan bahwa Samsat Lhokseumawe menunjukkan tren positif dalam realisasi pendapatan pada triwulan pertama 2024. Hal ini tak lepas dari semakin tingginya kesadaran masyarakat untuk membayar pajak di Samsat Warung Kopi yang "menjemput bola" ke tengah masyarakat.

"Kami berharap Samsat Lhokseumawe dapat terus berinovasi dan meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat," ujar Ansari, menutup kunjungannya.

Sementara itu, Kepala UPTD Wilayah V BPKA/Samsat Kota Lhokseumawe, Chaidir menyampaikan rasa terima kasihnya atas apresiasi yang diberikan oleh Komisi III DPRA. Samsat Lhokseumawe akan terus berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik dan meningkatkan pendapatan daerah dengan pajak kendaraan bermotor.

“Dengan adanya kunjungan kerja Komisi III DPRA ke Samsat Lhokseumawe, kami sangat senang dan ini menjadi motivasi tersendiri bagi petugas Samsat agar lebih semangat dalam meningkatkan pelayanan bagi masyarakat untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor,” ujar Chaidir. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda