Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Nasional / Pembacaan Putusan Gugatan Pileg Berakhir, MK Kabulkan 12 Perkara

Pembacaan Putusan Gugatan Pileg Berakhir, MK Kabulkan 12 Perkara

Sabtu, 10 Agustus 2019 09:01 WIB

Font: Ukuran: - +
Suasana sidang sengketa hasil Pileg 2019 di MK. [FOTO: detikcom]

DIALEKSIS.COM | Jakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) telah selesai membacakan putusan perselisihan hasil suara Pileg 2019. Sebanyak 260 permohonan selesai diputuskan.

"Pembacaan putusan permohonan telah selesai, jadi ini sesi terakhir dari 260 permohonan terkait dengan hasil Pileg. Terima kasih atas perhatiannya, sidang ditutup," ujar Hakim MK Anwar Usman dalam sidang gugatan hasil Pileg, di Gedung MK, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (9/8/2019).

Pembacaan sidang ini, berlangsung selama 4 hari sejak Senin (6/8/2019). Gugatan yang diregister MK terdiri dari 250 perkara DPR/DPRD dan 10 perkara DPD.

Baca: MK Tolak Permohonan PBB di Aceh

Dari jumlah tersebut, sebanyak 106 perkara dinyatakan ditolak, 99 perkara tidak dapat diterima. Sedangkan perkara gugur sebanyak 33 perkara, 10 perkara ditarik kembali dan 12 perkara dikabulkan sebagian.

Sebanyak 12 perkara yang dikabulkan terdiri dari 2 gugatan di Kabupaten Bintan, 1 gugatan di Surabaya, 1 gugatan di Trenggalek, Kalimantan Barat dan Pegunungan Arfak. 

Selanjutnya terdapat 2 putusan di Aceh, 1 putusan di Sumatera Utara (Sumut), 1 putusan di Sulawesi Tengah, dan 1 putusan di Bekasi.

Dari 12 perkara yang dikabulkan tersebut terdapat putusan berupa Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan Penghitungan Surat Suara Ulang (PSSU). PSU terjadi di Sulawesi Tengah. Sedangkan PSSU terdapat di Sumut, Aceh, Pegunungan Arfak, Surabaya dan Trenggalek.(detikcom)

Editor :
Makmur Emnur

Tsunami
Komentar Anda