Logo Dialeksis - Masker
Beranda / Berita / Dunia / Jepang Berencana Buang Air Kontaminasi Radiasi PLTN Fukushima ke Lautan

Jepang Berencana Buang Air Kontaminasi Radiasi PLTN Fukushima ke Lautan

Sabtu, 17 Oktober 2020 10:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Foto: Reuters

DIALEKSIS.COM | Jepang - Pemerintah Jepang memutuskan untuk membuang lebih dari 1 juta ton air yang terkontaminasi radioaktif Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima ke lautan. Pemerintah diperkirakan akan membuat pengumuman resmi pada akhir bulan ini.

Pembangkit listrik yang dijalankan oleh Tokyo Electric Power Company Holdings Inc itu mengalami beberapa kali kerusakan nuklir setelah gempa bumi dan tsunami tahun 2011.

Menteri Perindustrian Jepang Hiroshi Kajiyama, Jumat (16/10/2020), mengatakan belum ada keputusan yang dibuat tentang pembuangan air, tetapi pemerintah bertujuan untuk segera membuatnya.

"Untuk mencegah penundaan dalam proses dekomisioning, kami perlu membuat keputusan dengan cepat," katanya dalam konferensi pers.

Surat kabar Asahi melaporkan bahwa persiapan pembuangan air yang terkontaminasi tersebut diperkirakan akan memakan waktu sekitar dua tahun. Hal itu dikarenakan air yang terkena radiasi tersebut harus terlebih dahulu melalui proses penyaringan sebelum dapat diencerkan lebih lanjut dengan air laut dan akhirnya dibuang ke laut.

Reuters, mengutip laporan media setempat, melaporkan keputusan tersebut diperkirakan akan membuat marah negara-negara tetangga, seperti Korea Selatan. Negara-negara tersebut telah meningkatkan uji radiasi makanan dari Jepang, dan selanjutnya menghancurkan industri perikanan Jepang yang berada di Fukushima. (VoA Ind/Reuters)

Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda