Logo Dialeksis - Masker
utu pangdam
Beranda / Berita / Dunia / Inggris Miliki Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Eropa

Inggris Miliki Masjid Ramah Lingkungan Pertama di Eropa

Minggu, 08 Desember 2019 22:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Interior kayu terinspirasi pada "rerimbunan pohon" dalam Garden of Paradise. [Foto: Abdallah Abada]


DIALEKSIS.COM | Inggris - Presiden Turki Recep Erdogan meresmikan masjid ramah lingkungan pertama di Eropa yang berlokasi di Cambridge, Inggris.

Masjid yang berlokasi di Mill Road ini menelan biaya £23 juta, atau setara Rp422 miliar, memiliki kapasitas 1.000 jemaah.

Masjid yang pertama kali dibuka untuk umum pada bulan April silam, dirancang untuk memberi penghormatan kepada Islam yang menekankan pada kesucian dunia dan perintah untuk menghindari pemborosan.

Masjid ini dirancang oleh Marks Barfield Architects, yang memenangkan kontrak pada tahun 2009. Arsitek di balik masjid ramah lingkungan ini, mengatakan bangunan itu akan menjadi jembatan budaya bagi Islam di Inggris pada abad ke-21.

Masjid tersebut didesain agar tidak memproduksi emisi karbon, dapat menyerap air hujan, dan sirkulasi udara yang dapat mengeluarkan udara panas dari dalam ke luar.

Juru bicara masjid, Abdal Hakim Murad, mengatakan sekitar 6.000 umat Muslim di kota itu harus berdoa secara bergiliran di pusat-pusat agama Islam yang lebih kecil dan penuh sesak, serta rumah-rumah yang diubah menjadi tempat ibadah.

"Ada kebutuhan mendesak akan masjid yang layak di Cambridge, ini adalah ide yang sudah terlambat," ujar Abdal pada April silam.

"Cambridge adalah kota global tetapi lambat untuk memiliki ruang multi-budaya seperti ini," imbuhnya.

Masjid ramah lingkungan tersebut memiliki ruangan shalat, ruangan wudhu, dan ruangan akomodasi untuk keluarga imam serta tamu-tamu. (BBC)


Editor :
Indri

BPMA pangdam
riset-JSI
Komentar Anda
syamsul rizal hari guru