Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Dunia / Akibat Corona, Perdana Menteri Italia Sebut Uni Eropa Bisa Runtuh

Akibat Corona, Perdana Menteri Italia Sebut Uni Eropa Bisa Runtuh

Kamis, 09 April 2020 23:03 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi

DIALEKSIS.COM | Jakarta - Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte mengatakan, Uni Eropa bisa runtuh akibat pandemi covid-19. Keruntuhan Uni Eropa sebagai sebuah proyek semakin di depan mata jika tidak ada tindakan tegas untuk membantu negara-negara yang paling terpukul oleh wabah.

Conte mendesak UE bertindak dengan cara yang memadai dan terkoordinasi untuk membantu negara-negara yang paling parah terkena virus. Ia menambahkan, UE perlu menghadapi tantangan yang disebutnya ujian terbesar sejak Perang Dunia Kedua.

Itu adalah wawancara pertamanya dengan media Inggris sejak pandemi itu meledak di Italia tujuh minggu lalu.

Dia berbicara ketika Italia dan beberapa negara Uni Eropa lainnya mencoba mendorong anggota blok untuk mengeluarkan apa yang disebut ‘obligasi korona’--berbagi utang yang semua negara Uni Eropa akan membantu untuk melunasinya.

Belanda khususnya menentang gagasan obligasi korona, yang mengarah ke bentrokan antara menteri keuangan zona euro. Perdana Menteri Italia mengatakan kepada BBC bahwa para pemimpin Eropa menghadapi janji kepada sejarah yang tidak dapat mereka lalaikan. 

"Jika kita tidak mengambil kesempatan untuk memasukkan kehidupan baru ke proyek Eropa, risiko kegagalan itu nyata." (Im/Media Indonesia)

Editor :
Im Dalisah

dalimi
bank aceh, kejati
Komentar Anda
hendri budian