Beranda / Berita / RI Tegaskan Jadi Basis Produksi Vaksin ASEAN

RI Tegaskan Jadi Basis Produksi Vaksin ASEAN

Selasa, 08 Juni 2021 08:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Lestari Priansari Marsudi mengatakan Indonesia siap menjadi hub produksi vaksin bagi negara-negara ASEAN. Hal ini disampaikan dalam pertemuan bilateral dengan Menlu China Wang Yi.

Dalam pertemuan dengan Menlu Wang Yi, Retno menekankan pentingnya melanjutkan kerjasama kesehatan dan vaksin.

"Saya meminta Menlu Wang Yi untuk menugaskan tim agar dapat membahas secara detail kerjasama kesehatan, sebagaimana pernah dibahas dalam kunjungan Menlu Wang Yi ke Indonesia yang terakhir," kata Retno dalam konferensi pers virtual pada Senin (7/6/2021).

"Indonesia telah sampaikan kesiapannya untuk dapat menjadi hub produksi vaksin untuk kawasan (ASEAN)," tambahnya.

Selain soal vaksin, Retno mengatakan Indonesia menyambut baik ditandatanganinya MOU pembentukan High Level Dialogue and Cooperation Mechanism yang dilakukan antara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves) Luhut Binsar Pandjaitan dengan Menlu Wang Yi tanggal 6 Juni 2021 di Guiyang.

"Indonesia mengharapkan bahwa format baru dialog ini akan lebih mempermudah koordinasi berbagai kerjasama yang saling menguntungkan dalam pelaksanaan comprehensive strategic partnership antara Indonesia dan China," katanya.

Retno juga menyampaikan penekanan mengenai pentingnya dimulainya perundingan Code of Conduct (CoC) terkait Laut China Selatan, serta membahas pentingnya krisis politik Myanmar.

Selain bertemu secara bilateral dengan Menlu Wang Yi, Menlu Retno juga melakukan pertemuan khusus para Menlu ASEAN dengan Menlu China di Chongqing, China.[CNN Indonesia]

Keyword:


Editor :
M. Agam Khalilullah

riset-JSI
Komentar Anda