Beranda / Berita / Debat Pertama Capres di KPU Pengamanan Dijaga Ketat

Debat Pertama Capres di KPU Pengamanan Dijaga Ketat

Senin, 11 Desember 2023 13:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Debat pertama calon presiden (capres) di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Selasa besok (12/12), diamankan pihak kepolisian dengan strategi 3 lapis pengamanan.

Wakil Ketua Satuan Tugas (Wakasatgas) Preventif Penyelenggaraan Pemilu, Brigjen Pol Rudi Antariksa, menjelaskan, Tim Pengamanan yang bertugas berasal dari Mabes Polri dan Polda Metro Jaya.

"Teknis pengamanannya, baik di ring 1, ring 2, dan ring 3, termasuk kegiatan yang berada di luar atau di jalur (kendaraan bermotor)," ujar Rudi saat meninjau kesiapan debat di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (11/12/2023).

Dia menegaskan, penerapan 3 lapis pengamanan dilakukan agar pelaksanaan debat pertama untuk 3 capres bisa berjalan dengan lancar.

"Untuk jumlah dari pendukung juga sudah dibatasi, berapa orang, berapa orang, sudah diatur KPU, kita tinggal melaksanakan (pengamanan)," sambungnya.

Dia memastikan, jumlah tim pengamanan dimaksimalkan menjaga pelaksanaan debat tidak ada kendala.

"Personel yang dikerahkan ini dari Mabes (Polri) kemudian dari Polda Metro Jaya. Ini juga termasuk dari Satgas-satgas yang ada di pusat maupun yang ada di wilayah," jelasnya.

"Jumlahnya sekitar, kalau dari kita, dari Mabes nanti ada 271 (personel), kemudian dari Polda Metro Jaya ini sekitar 1000-an (personel)," demikian Rudi menambahkan.

Pada debat pertama ini akan diikuti tiga capres yaitu Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, yang akan beradu gagasan terkait tema yang ditentukan KPU.

Tema debat pertama yang akan diangkat adalah "Pemerintahan, Hukum, HAM, Pemberantasan Korupsi, Penguatan Demokrasi, Peningkatan Layanan Publik dan Kerukunan Warga".

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda