Beranda / Berita / Ancam Eksistensi Negara, Seluruh Pihak Diminta Aktif Perangi Narkoba

Ancam Eksistensi Negara, Seluruh Pihak Diminta Aktif Perangi Narkoba

Sabtu, 29 Juli 2023 14:00 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Peredaran narkoba dinilai mengancam eksistensi negara, terutama dampaknya terhadap generasi muda sebagai pemegang estafet kepemimpinan. Seluruh pihak diminta berperan aktif menanggulangi hal tersebut.

“Diharapkan semua pihak dapat menyadari bahaya ini dan dapat berperan serta untuk melakukan upaya penanggulangan," kata Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jatim Brigjen Pol Mohamad Aris Purnomo, Sabtu, (29/7/2023).

Hal tersebut disampaikan Aris dalam peringatan Hari Antinarkoba Internasional. Pada kesempatan itu, Aris menegaskan tema peringatn Hari Antinarkoba Internasional yang mengusung 'People First: Stop Stigma and Descrimination, Strengthen Prevention.

Aris menyebut tema itu relevan dalam menghapus stigma dan diskriminasi terhadap korban penyalahgunaan narkoba. Sekaligus, memperkuat aksi pencegahan untuk menekan penyalahgunaan narkoba.

“Intinya tema ini mari kita tingkatkan upaya pencegahan dan yang tidak kalah penting adalah jangan memberikan stigma dan diskriminasi terhadap para pecandu, tetapi justru mari kita rangkul dan direhabilitasi," ujar Aris. 

Peringatan Hari Antinarkoba Internasional juga diisi dengan panggung prestasi terhadap pihak yang berjasa mencegah dan menanggulangi narkoba. Salah satu pihak yang dianggap berjasa yakni Yayasan Orbit sebagai salah satu pusat rehabilitasi narkoba.

Pembina Yayasan Orbit, Rudhy Wedhasmara, menyatakan penghargaan ini sebagai bukti konsistensi. Pihaknya telah berjuang membantu pemerintah menanggulangi narkoba sejak 2006.

“Awalnya kita lembaga yang mengedukasi masyarakat tentang bahaya penyalahgunaan Narkoba, namun sekitar tahun 2012 mendirikan fasilitas rehabilitasi narkoba, ujarnya. 

Saat ini, pihaknya menyinergikan rehabilitasi narkoba dengan klinik kesehatan. Sehingga, dapat menjadi solusi konkret untuk permasalahan terkait. 

”Harapan kita dengan adanya pelayanan satu atap ini dapat memberikan solusi pemulihan yang terbaik bagi penyalahguna Narkoba”, tegasnya.

Selain mengoperasikan fasilitas rehabilitasi narkoba, Yayasan Orbit mengolaborasikan program-program bantuan hukum gratis bagi masyarkat. Sekaligus mendukung pelaksanaan kegiatan kesehatan masyarakat untuk upaya penanggulangan narkoba.

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

riset-JSI
Komentar Anda