dinsos
Beranda / Berita / Aceh / Wali Kota Subulussalam Jadi Pembina Upacara HAB 76, Bacakan Amanat Menag RI

Wali Kota Subulussalam Jadi Pembina Upacara HAB 76, Bacakan Amanat Menag RI

Senin, 03 Januari 2022 20:30 WIB

Font: Ukuran: - +

[Foto: IST]

DIALEKSIS.COM | Subulussalam -  Tanggal 3 Januari 2022, adalah hari penting dan bersejarah bagi keluarga besar Kementerian Agama, dimana pada 3 Januari 1946 ditetapkan sebagai Hari Amal Bhakti atau HAB. Pada tahun ini, Kementerian Agama memperingati ulang tahunnya ke-76.

Dengan penuh rasa syukur dan suka cita. Seluruh ASN dan jajaran Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam dengan khitmad mengikuti upacara peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke-76 di lapangan Beringin, Kecamatan Simpang Kiri, pusat Kota Subulussalam, Senin, (3/1/2022).

Tampak seluruh ASN dengan seksama mendengarkan amanat Menteri Agama RI yang dibacakan Walikota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, S.E, selaku pembina upacara.

Menteri Agama RI dalam amanatnya mengatakan Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua, sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat, dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan NKRI untuk tetap dalam jalurnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya beberapa indikator bila dibandingkan antara tahun 2020 dengan 2021. Diantaranya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 menjadi 83,92. Indeks Kerukunan Umat Beragama dari 67,46 menjadi 2021. Indeks Kepuasan Layanan KUA dari 77,28 menjadi 78,90. 

Selain itu, Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, Forum Kerukunan Umat Beragama, serta unsur masyarakat lainnya.

Dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama mampu mempertahankan Predikat WTP secara berturut-turut sejak tahun 2016 hingga 2021. Prestasi yang telah dicapai merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan sesepuh serta seluruh ASN Kementerian Agama. 

Sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, Kementerian Agama telah mengajukan kepada Bapak Presiden untuk memberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 9.310 Pegawai Negeri Sipil. 

Alhamdulillah, Bapak Presiden telah mengabulkan permohonan tersebut dan pada Hari Amal Bakti ke-76 ini, atas nama Bapak Presiden, diberikan Penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang, dan 10 tahun kepada 5.999 orang Pegawai Negeri Sipil Kementerian Agama.

Di usia yang ke-76 ini, Kementerian Agama harus terus berbenah. Prestasi yang telah diraih harus dipertahankan. Dan secara bersamaan, perlu terus berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik.

Untuk itu, jadikan agama sebagai inspirasi. Jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas. Selain itu, jadikan pula Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama, yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama.

Apabila berpegang teguh pada itu semua, Pegawai Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa. Apa yang kemudian menjadi tagline Peringatan Hari Amal Bakti ke-76 Kementerian Agama, yaitu Transformasi Layanan Umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan. 

Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja Kementerian Agama dalam memberikan layanan kepada masyarakat. demikian amanat Menag RI yang dibacakan Walikota.

Walikota Subulussalam, sangat mengapresiasi upacara Hari Amal Bhakti ke 76 ini, "Upacara ini sangat khitmad dan meriah. Sepanjang ini, saya belum pernah melihat jajaran Kemenag Kota Subulussalam mengadakan upacara semeriah ini. Ini luar biasa dan membanggakan. Ke depan, kondisi seperti ini mesti terus dipertahankan. Sinergitas yang telah dibangun antara Pemko dan Kemenag, ke depan semakin bertambah kokoh lagi", tutup H. Affan Alfian Bintang.

Pada upacara tersebut Walikota menyematkan langsung Penghargaan Satyalancana Karya Satya dan Wakil Walikota, Drs. Salmaza, M.AP, ikut menyerahkan piagam Penghargaan kepada ASN dan Siswa berprestasi. 

Upacara HAB ke 76 Kementerian Agama Kota Subulussalam, dihadiri Forkopimda Kota Subulussalam, Walikota, Wakil Walikota, mewakili Ketua DPRK, Dandim 0118 Subulussalam, Kajari Subulussalam, Kapolres, Ketua Mahkamah Syari'yah, Ketua MPU, Sekda Kota Subulussalam, para Asisten, Staf Ahli, Pimpinan SKPK, Lembaga Keistimewaan Aceh, Pejabat Struktural dan Fungsional Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam, serta guru madrasah, guru PAI, dan siswa madrasah pada semua jenjang. 

Jalan protokol sempat ditutup

Saat pengibaran bendera merah putih yang dikibarkan siswa siswi MAN 1 Inovasi Subulussalam, jalan Teuku Umar, di depan Lapangan Beringin, sempat ditutup petugas, beberapa waktu. Lalu lintas sempat terhenti beberapa saat lamanya. Namun, lancar kembali setelah selesai pengibaran bendera merah putih. 

Peringatan Hari Amal Bhakti ke 76 juga dimeriahkan dengan tarian kolosal kerukunan umat beragama, marching band, tarian ratoeh jaroe, atraksi pencak silat Santri Pondok Pesantren Jannatul Firdaus, serta ditutup dengan kegiatan vaksinasi dan donor darah, yang diikuti jajaran Kemenag dan masyarakat setempat. Sekitar 50 an kantong darah berhasil terkumpul dan puluhan orang berhasil ikut vaksin. 

Selesai upacara, Walikota dan tamu undangan mengikuti resepsi dan temu ramah yang dilanjutkan dengan makan bersama di Kantor Kementerian Agama Kota Subulussalam.

Keyword:


Editor :
Alfi Nora

dinas perikanan
dinas pendidikan dayah
esdm
Komentar Anda