Beranda / Berita / Aceh / USK Bakal Luncurkan 1000 Wirausaha Muda

USK Bakal Luncurkan 1000 Wirausaha Muda

Kamis, 01 September 2022 23:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Mahasiswa USK. [Foto: Humas USK]


DIALEKSIS.COM | Aceh - Universitas Syiah Kuala (USK) memiliki komitmen dan menyambut positif gerakan 1.000 Wirausaha Muda, karena selaras dengan visi USK.

Hal itu disampaikan Rektor USK yang diwakili Prof Dr Mustanir MSc (Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni USK), Prof drh Muhammad Hanafiah MP (Kepala UPT Kewirausahaan USK) dan juga Maimun SPd MSoc Sc (Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan alumni FISIP USK) saat rapat terbatas dengan Pimpinan Gerakan sosial OK OC (One Kecamatan One Center for Entrepreneurship) Indonesia.

Founder OK OC Indonesia Dr Indra Cahaya Unoe MBA mengatakan, sejak tahun 2010 sampai dengan saat ini, Indonesia masih tergolong ke dalam negara dengan angka pengangguran tertinggi di Asia Tenggara, tingkat pengangguran di Indonesia mencapai 15 persen. Thailand merupakan negara dengan tingkat pengangguran paling rendah di Asia Tenggara yaitu hanya 3 persen, berbanding jauh dengan Indonesia.

Ia menilai, kondisi tersebut sangat ironis, bila dibandingkan dengan potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimiliki Indonesia.

"Langkah ke depan adalah merangsang jiwa-jiwa muda yang ada di seluruh pelosok tanah air, agar terbangun mindset yang positif dan menjadi usahawan muda-usahawan muda yang produktif. Lebih-lebih lagi, sejak tahun 2020-2045, Indonesia berada pada posisi bonus demografi secara besar-besaran. Sebagian besar dari mereka saat ini ada di perguruan tinggi," jelas Indra.

Pada kesempatan itu, Prof Mustanir mengatakan USK menyambut positif pertemuan tersebut. Dalam konteks Aceh, ia menilai Aceh punya potensi. Selain SDA dan SDM, secara umum sebenarnya ada darah saudagar dalam diri masyarakat Aceh.

"Potensi tersebut saat ini semakin memudar, hal ini diakibatkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah konflik yang berlangsung dalam waktu lama, telah memberikan pengaruh terhadap iklim di dunia usaha secara umum," beber WR III itu.

Ia melanjutkan, masalah mindset masyarakat juga masih sangat rapuh. Rata-rata lebih suka mendapatkan pekerjaan yang instan, minim tantangan, dan jawabannya paling umum adalah menjadi PNS.

"Karena itu, USK memiliki tekad yang kuat dengan niat yang tulus untuk masalah wirausaha ini, dan bahkan Bapak Rektor dalam rapat terbatas dua hari yang lalu menegaskan segera akan melakukan launching 1.000 wirausaha USK," ungkapnya.

Dirinya berharap, program tersebut mampu melahirkan usahawan-usahawan yang hebat, sekaligus menjadi agent-agent yang memberikan pengaruh positif bagi dunia usaha. Prof Mustanir menjelaskan, hal ini selaras dengan visi dari USK yaitu: Menjadi universitas yang inovatif, mandiri, dan terkemuka dalam bidang tridarma perguruan tinggi, untuk mewujudkan masyarakat akademik yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berkarakter menuju socio-technopreneur university di tingkat global.

Pada pertemuan tersebut juga dibicarakan mekanisme dan pendekatan yang akan ditempuh bersama ke depan terkait dengan upaya menumbuhkan wirausaha muda di Aceh, salah satunya adalah OK OC Indonesia akan memberikan pendampingan penuh kepada dosen dan mahasiswa serta pegawai yang ingin berwirausaha. [HU]

Keyword:


Editor :
Indri

kip
riset-JSI
Komentar Anda