Beranda / Berita / Aceh / Rektor USK Ingatkan Sekolah dan Siswa Cermat Isi Data SNPMB 22023

Rektor USK Ingatkan Sekolah dan Siswa Cermat Isi Data SNPMB 22023

Rabu, 11 Januari 2023 10:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan. [Foto: Humas USK]


DIALEKSIS.COM | Aceh - Jadwal pembuatan akun Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 telah dimulai sejak Senin (9/1/2023) lalu hingga Minggu (15/1/2023) besok menjadi perhatian penting bagi Universitas Syiah Kuala. 

Rektor Universitas Syiah Kuala Prof. Dr. Ir. Marwan mengingatkan pihak sekolah dan siswa untuk cermat dalam mengisi data pada SNPMB 2023, karena  akun itu sangat penting untuk mengikuti tahapan proses Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP), atau sebelumnya dikenal dengan sebutan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

“Oleh karena itu, baik sekolah maupun siswa harus cermat saat mengisi data-data untuk membuat akun SNPMB ini. Karena data tersebut sangat menentukan kelulusan siswa di jalur SNBP,” ucap Rektor.

Selain cermat, Rektor juga mengingatkan pihak sekolah dan siswa untuk jujur saat meng-input data SNPMB ini. Pasalnya, jika siswa tersebut telah dinyatakan lulus pada jalur SNBP, lalu ternyata data yang diisi tidak benar maka status kelulusannya bisa dibatalkan.

“Nah, kita tidak ingin hal-hal seperti ini terjadi. Kita ingin dunia pendidikan ini dibangun dengan semangat kejujuran. Jadi, mohon hal ini menjadi perhatian kita semua,” ujar Prof Marwan.

Untuk diketahui kuota minimum jalur SNBP ini untuk setiap Perguruan Tinggi Negeri  (PTN) seebsar 20%. Adapun jalur SNBP ini dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik. Di mana peserta SNBP adalah para siswa kelas 12 yang akan lulus pada tahun 2023. Untuk mengikuti tahapan seleksi ini, peserta SNBP tidak dikenai biaya atau gratis untuk keikutsertaannya dalam SNBP.

Terkait hal tersebut, Rektor mengatakan, bagi siswa yang layak mendaftar SNBP maka nilai rapornya harus diinput melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Selanjutnya, sama seperti SNMPTN sebelumnya bahwa siswa yang telah lulus SNBP 2023, maka siswa tersebut tidak diperbolehkan lagi mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023 yang merupakan tahapan untuk seleksi pada jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT).

Informasi resmi tentang SNBP dan UTBK-SNBT 2023 dapat dilihat pada laman http://www.snpmb.bppp.kemdikbud.go.id, serta laman resmi USK. Atau dapat juga menghubungi Call Center Humas USK pada nomor +62 811-6752-000. [HU]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda