Beranda / Berita / Aceh / Pj Bupati Aceh Besar Ajak Pelaku Usaha Jaga Kebersihan dan Keasrian di Pasar

Pj Bupati Aceh Besar Ajak Pelaku Usaha Jaga Kebersihan dan Keasrian di Pasar

Senin, 06 Maret 2023 08:00 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Aceh Besar - Penjabat Bupati Aceh Besar, Muhammad Iswanto, mengajak semua pelaku usaha di wilayahnya untuk turut serta menjaga kebersihan dan keasrian di pasar. Hal tersebut disampaikan dalam kunjungannya ke Pasar Hewan Sibreh, Aceh Besar, pada Minggu (5/3/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Muhammad Iswanto menegaskan pentingnya menjaga kebersihan dan keasrian di pasar, terutama setelah pandemi ini. "Kita harus memastikan bahwa pasar-pasar di Aceh Besar tetap bersih, sehat, dan aman bagi para pedagang dan pembeli," ujarnya.

Selain itu, juga mengajak seluruh elemen masyarakat dan instansi vertikal baik BUMN dan pihak swasta yang sehari hari selalu melakukan kegiatan dan usahanya di wilayah Aceh Besar untuk menyadari akan kebersihan sehingga kondisi bersih ini bisa diwariskan kepada anak cucu nanti.

"Bertepatan dengan momentum hari sampah nasional mari kita menjadi orang yang pertama untuk tidak membuang sampah sembarangan dan selalu menjaga kebersihan llingkungan,"ajak Iswanto

"Dengan demikian insya Allah keberkahan akan kita capai jika seluruh elemen dapat melakukan hal- hal yang kecil ini, karena hal hal yang besar tidak luput dan hal hal yang kecil yang biasanya kita anggap sepele."tambah Pj Bupati bersama Sekda Sulaimi serta para Kepala OPD dan staf serta Muspika, remaja mesjid dan unsur TNI, Polri melakukan aksi satu jam memungut sampah di pasar hewan Sibreh, Minggu(5/3/2023).

Pj. Bupati Iswanto juga menyempatkan diri menyusuri pasar sayur, pasar ikan, pasar daging dan pasar hewan Sibreh.

Orang nomor satu di Aceh Besar itu, hari ini tampak lebih sumringah dan bersemangat karena personil yang hadir jauh lebih ramai dari aksi aksi sebelumnya, lebih kurang berjumlah 300 personil.

Ia langsung turun memimpin pembersihan dan memberikan arahan ke sisi mana saja yang perlu disemprotkan air bersih agar semua sisa sampah dari keseluruhan seisi pasar tidak ada yang tertinggal.

Usai pelaksanaan kegiatan bersih-bersih, Pj. Bupati Aceh Besar menjelaskan, kegiatan itu dilakukan sebagai upaya untuk menciptakan pola hidup sehat dan asri di seluruh wilayah Aceh Besar, apalagi beberapa hari ke depan akan memasuki bulan suci Ramadhan, sosialisasi pentingnya kebersihan pasar dan upaya kita bersama menyiapkan lokasi pasar yang indah dan nyaman. 

"Aksi pembersihan pasar ini akan dilakukan Pemkab Aceh Besar secara rutin dan berkala, guna menciptakan lingkungan pasar yang bersih dan sehat, karena kesehatan dan kebersihan selama bulan Ramadhan dan menyambut Hari Raya nanti, pasar ini lebih nyaman dikunjungi masyarakat di Aceh Besar dan Banda Aceh," kata Iswanto.

Menurut Iswanto, menghadirkan pasar yang bersih dan nyaman tidak mungkin mampu dilakukan oleh petugas kebersihan saja, tanpa dukungan penjual dan pembeli.

Oleh sebab itu, ia mengajak seluruh pedagang dan pengunjung untuk menjaga kebersihan dan ketertiban pasar.

"Bila pasar bersih dan tertib, InsyaAllah masyarakat kawasan Banda Aceh dan Aceh Besar akan semakin ramai mengunjungi pasar Sibreh ini nantinya, semoga ke depan pasar ini akan semakin maju geliat ekonominya, dengan demikian akan terciptanya peningkatan perekonomian masyarakat sekitarnya," ujar Iswanto

Keyword:


Editor :
Zulkarnaini

kip
riset-JSI
Komentar Anda