Beranda / Berita / Aceh / PAG Gandeng PNL Latih 26 Pemuda terkait Mekanik Sepeda Motor

PAG Gandeng PNL Latih 26 Pemuda terkait Mekanik Sepeda Motor

Kamis, 23 Juni 2022 19:30 WIB

Font: Ukuran: - +


Penandatanganan kerjasama antara  PT Perta Arun Gas (PAG) dengan Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL) terkait pelatihan untuk 26 pemuda. [Foto: dok. PNL]


DIALEKSIS.COM | Lhokseumawe - Berbagai upaya dilakukan PT Perta Arun Gas (PAG) untuk mensejahterakan masyarakat desa disekitar lingkungan PAG. Salah satunya menjaring dan mengasah pemuda-pemuda desa agar terampil di bidang mereka tekuni. Salah satunya di bidang otomotif.

Ada dua puluh enam pemuda di 13 desa sekitar PAG dilatih untuk menjadi Mekanik Sepeda Motor. Pelatihan sendiri menggandeng Politeknik Negeri Lhokseumawe (PNL). Pelatihan dilaksanakan selama 50 Jam Pertemuan dari tanggal 23 Juni - 5 Juli 2022 di Lab. Sepeda Motor Jurusan Teknik Mesin PNL. 

Manager Corporate Communication & CSR PAG Iskandarsyah mengatakan, program ini bertujuan untuk dapat meningkatkan kemampuan generasi muda dan mendapatkan kesempatan bekerja yang lebih baik, atau paling tidak memiliki tambahan pengetahuan dan kemampuan dalam bidang perbaikan mesin sepeda motor, yang pada kesempatannya dapat meningkatkan taraf hidup peserta.

"Kita berharap melalui pelatihan ini, bisa benar-benar menambah wawasan dan keterampilan peserta. Sehingga bisa tercipta sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dan siap menjadi tenaga terampil," ungkap Iskandarsyah saat pembukaan pelatihan di Ruang Rapat Direktur PNL, Kamis (23/6/2022).

Sementara itu, Wakil Direktur III Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi PNL Ir. Sariyusda, MT menyampaikan, Manajemen PNL mengucapkan apresiasi dan terimakasih kepada Manajemen PAG yang untuk kesekian kalinya memberikan kepercayaan kepada PNL untuk melatih para pemuda disekitar PAG. 

Foto: dok. PNL

"Melalui pelatihan ini, peserta akan dibina dan diarahkan dengan metode yang lebih efektif, tepat sasaran dan berorientasi pada peningkatan skill dan keterampilan melalui praktik langsung di Lab. Sepeda Motor. Peserta dipersiapkan untuk menjadi tenaga terampil di bidang mekanik sepeda motor maupun calon wirausaha di bidang mekanik sepeda motor," terangnya. 

Sariyusda menambahkan, PNL siap memberikan yang terbaik kepada peserta, dan berharap peserta benar-benar bisa memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan keterampilan di bidang Mekanik Sepeda Motor.

Camat Muara Satu Taruna Putra Satya, SIP. MAP mengatakan, program ini sangat bermanfaat bagi peserta.

"Tolong gunakan dan manfaatkan waktu selama 10 hari ke depan untuk betul-betul mempelajari dan mengasah keterampilan adik-adik. Sehingga ketika selesai pelatihan adik-adik sudah memiliki modal keterampilan di bidang Mekanik Sepeda Motor," imbuhnya.

Koordinator Humas dan Kerjasama PNL Ir. Muhammad Hatta, SST. MT menambahkan, PNL sebagai penyelenggara jasa pelatihan mengadakan sistem pelatihan dengan beberapa metode diantaranya melalui Presentasi/Ceramah. 

"Metode ini digunakan untuk memberikan pemahaman yang lengkap kepada para peserta tentang suatu topik," terang Bung Hatta.

Selanjutnya dalam bentuk diskusi. Diskusi berlangsung dalam bentuk tanya jawab. Diskusi dipilih untuk lebih memberikan kesempatan kepada para peserta untuk membahas, mempertanyakan, dan memperdalam materi yang disampaikan.

"Inti pelaksanaan pelatihan ada di Praktek. Metode ini dilaksanakan untuk meningkatkan skill, keterampilan dan kompetensi peserta," ungkap Dewan Pengarah Asosiasi Pengelasan Indonesia (API) Aceh ini.

Terakhir, sambung Hatta adalah Evaluasi. Metode ini diperuntukkan untuk menguji kemampuan peserta dalam memahami dan mendalami materi secara keseluruhan.

Turut hadir Danramil 01/Muara Satu Kapten Inf. Bahtera L. Purba, Kapolsek Muara Satu Iptu Syahrizal, Ketua Jurusan Teknik Mesin Hamdani, SST. MT, Ketua SPI Muhammad Arrivai, SE. M.Acc, Koordinator Dunia Usaha/Dunia Industri dan Kantor Urusan Internasional Ir. Azwar, ST. M.Sc, Kepala Lab. Teknik Mesin H. Adi Saputra Ismy, ST. MT, Saifuddin dan Agustiar dari Humas PAG, Instruktur Pelatihan dan Peserta. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
distanbun 12
Komentar Anda