Beranda / Berita / Aceh / Mendepani Bencana dan Sosial: Dr. Muslem Yacob Cerita Langkah Dinas Sosial Aceh

Mendepani Bencana dan Sosial: Dr. Muslem Yacob Cerita Langkah Dinas Sosial Aceh

Rabu, 10 Januari 2024 13:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Biyu

Dr Muslem Yacob S.Ag, M.Pd, Kepala Dinas Sosial Aceh. Foto: Humas Provinsi Aceh.


DIALEKSIS.COM | Aceh - Setelah dilantik Dr Muslem Yacob S.Ag, M.Pd, sebagai Kepala Dinas Sosial Aceh pada Selasa, (02/01/2024) lalu. Untuk mengetahui langkah dan tindakan menjalankan lembaga sosial tersebut. Selanjutnya Dialeksis (10/01/2024) bertanya mengenai peran vital dinasnya dalam menghadapi tantangan era kebencanaan dan menangani berbagai masalah sosial di Aceh.

Menyoroti strategi dan langkah-langkah yang diambil oleh Dinas Sosial Aceh, Dr. Muslem Yacob menggarisbawahi, peran dinas tersebut tidak hanya terfokus pada tanggap darurat bencana, tetapi juga mencakup upaya pencegahan dan rehabilitasi pasca-bencana.

"Aceh sebagai daerah rawan bencana, Dinas Sosial memiliki peran sentral dalam menyusun program-program yang responsif terhadap keadaan darurat dan berkelanjutan untuk membantu masyarakat bangkit pasca-bencana," ungkapnya.

Hal terpenting menurut Dr. Muslem Yacob selaku Kepala Dinas Sosial Aceh menegaskan, bahwa koordinasi dan kolaborasi lintas sektor menjadi kunci untuk mengoptimalkan peran dinas sosial.

"Kami berusaha membangun sinergi dengan berbagai pihak, termasuk pemerintah daerah, lembaga swadaya masyarakat, dan pihak terkait lainnya," jelasnya.

Dr. Muslem Yacob juga menyoroti fokus dinas terhadap permasalahan sosial. Program-program inklusif dan berbasis kearifan lokal menjadi andalan dalam menanggulangi masalah sosial di Aceh.

"Kami berupaya memahami kebutuhan masyarakat secara holistik, tidak hanya dalam konteks bencana, melainkan juga dalam menangani permasalahan sosial yang kompleks," tambahnya.

Dalam konteks mengurangi kemiskinan di Aceh, sebagai Kadis Sosial Aceh Dr. Muslem Yacob mengungkapkan strategi pemberdayaan sosial, terutama bagi keluarga rentan, melalui Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan sinergi dengan program Keluarga Harapan (PKH) Kemensos RI.

Selain itu, Dinsos Aceh juga memberikan dukungan kepada warga terdampak bencana sosial (tuna sosial) dengan pelatihan ketrampilan untuk meningkatkan perekonomian keluarga mereka saat kembali ke tengah masyarakat.

Pada akhir wawancara bersama Dialeksis.com, Dr. Muslem Yacob menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam memahami dan menghadapi risiko bencana.

"Edukasi dan pemberdayaan masyarakat menjadi fokus kami untuk membangun ketahanan sosial masyarakat Aceh," pungkasnya.

Dengan visi dan langkah-langkah strategis ini, Dinas Sosial Aceh di bawah kepemimpinan Dr. Muslem Yacob terus berperan sebagai garda terdepan dalam melindungi dan membantu masyarakat Aceh menghadapi tantangan kebencanaan serta menanggulangi berbagai permasalahan sosial yang dihadapi.


Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda