Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Aceh / 213 Sekdes di Tamiang Ikuti Pelatihan Profil Kampung

213 Sekdes di Tamiang Ikuti Pelatihan Profil Kampung

Sabtu, 07 Desember 2019 20:34 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM | Aceh Tamiang - Sebanyak 213 Sekretaris Desa (Sekdes) se-kabupaten Aceh Tamiang mengikuti pelatihan profil kampung di SKB Karang Baru, Sabtu (07/12/2019).

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMKPPKB) Kabupaten Aceh Tamiang, Bustaman dalam sambutannya mengatakan pelatihan ini untuk validasi dan ketersediaan data profil kampung setiap desa, sehingga tersedia perencanaan pembangunan yang berorientasi pada potensi sumber daya desa.

"Diharapkan melalui pelatihan ini, Sekdes setiap kampung dapat mempersiapkan administrasi pemerintah desa yang baik dan dituntut untuk memahami administrasi berbasis teknologi, mengingat data desa menjadi acuan dalam pengambilan keputusan oleh kepala daerah atau pemerintah pusat," ujar Bustaman. 

Melalui pelatihan ini, Sekdes diharapkan dapat mengintegrasikan keragaman data dan informasi sebagai koordinasi antar desa, kecamatan dan pemerintah kabupaten. Pemuktahiran data setiap saat dapat diketahui realitas yang terjadi dilapangan dan sebagai analisis evaluasi dan prediksi.

Sementara itu, Plt Kepala Bidang Lembaga Kemasyarakatan Gampong dan Lembaga Adat Gampong pada DPMG Aceh, Hasanuddin, S.Sos, M.M, dalam materinya menyebutkan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan Sekdes dalam penyusunan perencanaan pembangunan kampung. 

"Tujuan dilaksanakan pelatihan ini agar tersusunnya gambaran umum kampung secara menyeluruh (profil kampung), untuk dijadikan acuan dasar perencanaan pembangunan kampung dalam penyusunan RPJM, RKP dan APBK sehingga penggunaan dana desa tahun 2020 lebih terarah dan terukur," ujarnya. 

Menurutnya, dalam profil kampung yang lengkap harus berisi data tentang potensi desa, data dasar keluarga dan tingkat perkembangan desa. Sehingga dengan profil kampung yang lengkap dapat menghasilkan program kegiatan yang berkaitan dengan upaya menekan angka kemiskinan. 

Untuk memudahkan penyusunan pendayagunaan profil desa tambah Hasanuudin, peserta dilatih menggunakan website www.prodiskel.binapemdes.kemendagri.go.id dan perwakilan peserta juga melakukan kunjungan ke lapangan melihat BUMK ke Kampung Dalam. Dengan pelatihan ini, akan melahirkan kampung cerdas informasi (DACI) di Kabupaten Aceh Tamiang. 

Adapun narasumber yang hadir yakni dari unsur dari DPMG Aceh yaitu Plt. Kabid Lembaga Kemasyarakatan Gampong dan Lembaga Adat Gampong  Hasanuddin dan Kepala Seksi Pembangunan Gampong Tertinggal dan pengentasan kemiskinan, Sayed Syahril. 

"Materi yang diberikan seputar penyusunan dan pendayaangunaan profil kampung dalam perencana pembangunan kampung dan materi tentang validasi data profil kampung," ujarnya. (MHV)

Editor :
Im Dalisah

riset-JSI
malikusaleh idul adha
Komentar Anda
dinsos dan M