dinsos
Beranda / Sosok Kita / Prof. Dr. Mujiburrahman Harapan Pembaharuan Rektor UIN Ar Raniry ke Depan

Prof. Dr. Mujiburrahman Harapan Pembaharuan Rektor UIN Ar Raniry ke Depan

Minggu, 03 April 2022 14:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Baga

Foto: Ist


DIALEKSIS.COM | Soki - Namannya kini menjadi buah bibir, setelah sosok yang sudah kaya pengalaman ini mendaftarkan diri menjadi calon Rektor UIN Ar Raniry, Banda Aceh. Namanya melejit, bahkan hasil poling kita, dia berada diperingkat atas bila dibandingkan dengan sejumlah nama lainya.

Prof. Dr. Mujiburrahman, MA, guru besar UIN Ar Raniry ini dikenal publik sebagai sosok yang terbuka, memiliki ide brilian di dunia pendidikan, sangat dekat dengan ulama Aceh maupun nasional, dia merupakan kader NU Tulen. Punya jejaring nasional dan internasional.

Siapa sebenarnya Prof.Dr. Mujiburrahman, MA yang kini disebut sebut sebagai kandidat kuat untuk Rektor UIN Ar Raniry. Sekilas Dialeksis.com menukilkan catatan tentang lekaki yang sudah kaya pengalaman dan gemar berorganisasi ini.

Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag lahir di Aceh Besar pada tanggal 08 September 1971. Warga Kampung Pineung Banda Aceh ini merupakan Prodi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh.

Dia menyelesaikan studi Strata Satu (S1) pada Tadris Pendidikan Agama Islam Fak. Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh tahun 1995. Melanjutkan Pendidikan Magister di Prodi Studi Pendidikan Islam Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung tahun 2000.

Sementara gelar doctor of Philosophy (Ph.D) dalam bidang Cognitive Science and Education dia raih dari Universiti Utara Malaysia tahun 2010. Dan pada akhir Desember 2020 memperoleh gelar pangkat akademik Guru Besar (Profesor) Pemikiran Pendidikan Islam dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI. 

Selain itu, dia juga dikenal sebagai pendiri lembaga Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat (PKPM) Aceh. Pernah menjabat Ketua Bidang Pusaka dan Khazanah Adat Majelis Adat Aceh (MAA) Provinsi Aceh dan juga Wakil Ketua Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Besar.

Soal jabatan dalam pekerjaan Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag, pada 2014-2018 Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Ar-Raniry Banda Aceh. 2012-2014 Wakil Dekan Fak. Tarbiyah IAIN Ar-Raniry Banda Aceh dan 2010-2012 Kepala Lembaga Penelitian (Lemlit) IAIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Kader tulen NU ini juga berpengalaman di sejumlah organisasi, dia pernah menjadi pengurus Wilayah Nahdhatul Ulama (PWNU) Aceh, anggota A’Wan (Dewan Pakar), Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia (ICMI) Orwil Aceh.

Pada tahun 2020 hingga 2024 dia dipercayakan menjadi Pengurus Daerah (DPD) Perkumpulan Ahli dan Dosen Republik Indonesia (ADRI) Aceh sebagai sekretaris. 

Dia juga sebagai pengurus daerah Asosiasi Tradisi Lisan (ATL), pengurus Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas (IKAL) Komisariat Provinsi Aceh, Ketua Bidang Kerjasama Daerah dan International. Dia juga merupakan pendiri Pusat Kajian Pendidikan dan Masyarakat (PKPM) Aceh, serta sejumlah organisasi lainya.

Bila bercerita tentang sejumlah kegiatan lainya, Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag, sangat sering menjadi pemakalah, baik lokal, nasional dan internasional. Dereten panjang daftar pengalamanya dalam menyampaikan makalah di tingkat internasiol terbilang banyak.

Dia pernah menjadi pemakalah di USA, Mesir, Australia, Japan, Malaysia. Tentunya tidak ketinggalan sebagai nara sumber pemakalah di tingkat nasional apalagi untuk lokal.

Demikian dengan sejumlah buku yang telah diterbitkan Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag. Dia dikenal kreatif dan aktif, buku bukunya bernuansa pendidikan dan regelius.

Beragam kegiatan dan prestasi sudah diukir Prof. Dr. Mujiburrahman, M.Ag, dia sudah berbuat, sudah melakukan sejumlah karya yang menjadi catatan sejarah, khususnya dalam dunia pendidikan. Aceh memiliki sejumlah manusia yang sudah berkarya, melakukan kegiatan sesuai keahlianya. Semoga karya-karya itu senantiasa bermanfaat. * Bahtiar Gayo

Keyword:


Editor :
Redaksi

dinas perikanan
dinas pendidikan dayah
esdm
Komentar Anda