Beranda / Gaya Hidup / Otomotif / Mobil Timor Yang Berjaya di Era 90, Simak

Mobil Timor Yang Berjaya di Era 90, Simak

Selasa, 24 Agustus 2021 23:30 WIB

Font: Ukuran: - +


Mobil Sedan Timor. [Foto: Ist]

DIALEKSIS.COM | Jakarta - PT Timor Putra Nasional (TPN) dipanggil Satuan Tugas Penanganan Hak Tagih Negara Dana Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (Satgas BLBI). Surat pemanggilan ini ditujukan untuk Hutomo Mandala Putra atau Tommy Suharto selaku pendiri perusahaan ini.

Adapun agenda pemanggilan adalah menyelesaikan hak tagih negara dana BLBI berdasarkan penetapan jumlah piutang negara PKPN-375/PUPNC.10.05/2009 tanggal 24 Juni 2009, setidak-tidaknya sebesar Rp 2,6 triliun.

Sepanjang beroperasi selama kurang lebih 4 tahun, Timor sudah memiliki sejumlah produk mobil nasional yang pada saat itu sangat laris di pasaran. Bahkan di tahun pertamanya, Timor sukses menduduki posisi 6 besar penjualan mobil di Indonesia dengan jumlah 19.471 unit.

Berikut adalah daftar mobil nasional yang digarap PT Timor Putra Nasional, dihimpun dari berbagai sumber hari ini, Selasa, 24 Agustus 2021.

1. Timor S5

Timor S5 merupakan mobil pertama yang diluncurkan TPN. Mobil ini berbasis pada Kia Shepia dan memiliki tiga model, yakni S515 (SOHC Karburator), S515i (DOHC, Injeksi), dan S516i LE edisi terbatas (mesin turbo).

Meskipun berbasis dari Kia Shepia, namun fitur yang dihadirkan pada Timor S5 lebih sedikit. Ini dilakukan untuk memangkas harga jual. Dengan berbagai keistimewaan pajak, mobil ini dijual dengan harga hanya Rp 37 juta on the road.

2. Timor SW516i

Timor SW516i merupakan mobil dengan model Station Wagon yang diproduksi untuk karoseri. Mobil ini dibuat dari baisis S516i oleh New Armada, sebuah perusahaan karoseri di Magelang, Jawa Tengah. Mobil ini diproduksi terbatas dan tergolong sebagai mobil langka.

Rencananya TPN memproduksi SW516i ini sebanyak 50 unit, namun yang terealisasi hanya 30 unit. Meskipun langka, mobil ini dijual resmi di diler Timor.

3. Timor S2

Timor seri S2 merupakan prototipe hatchback yang dikembangkan sendiri oleh TPN. Bahkan untuk membuat desain S2, TPN sampai menggandeng perusahaan desain asal Italia, Zagato. Sebenarnya protipe ini sudah selesai pada tahun 2000, namun tidak pernah diproduksi massal.

Mobil ini ditenagai mesin bensin injeksi berkubikasi 1,3 liter 16V DOHC. Lewat transmisi manual 5 kecepatan, mobil ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 82 hp. (TEMPO)

Keyword:


Editor :
Alfatur

gabung 1
Komentar Anda