Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Berita / Nasional / Survei LIPI, Wilayah Kental Agama Tingkat Sebaran Hoax Tingi

Survei LIPI, Wilayah Kental Agama Tingkat Sebaran Hoax Tingi

Kamis, 14 Maret 2019 20:40 WIB


DIALEKSIS.COM | Jakarta -  Hasil penelitian yang dilakukan peneliti sosial dari Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menemukan fakta baru penyebaran hoak alias berita bohong. Penelitian tersebut menemukan kalau di wilayah yang kental nilai agamanya, kerap mudah termakan isu hoaks. 

Sebagaimana dilansir Tribunews,  Peneliti Sosial dan Politik LIPI Amin Mudzakir dalam diskusi 'Hoaks, Integritas KPU dan Ancaman Legitimasi Pemilu' yang digelar Institut Demokrasi Republikan (ID-Republikan).

dari hasil penelitian terhadap 2000 responden yang tersebar di seluruh Indonesia, didapati tiga provinsi di Indonesia rawan termakan isu hoaks. Di  wilayah provinsi Aceh, Jabar dan Banten tingkat penerimaan terhadap berita PKI, kriminalisasi ulama, invasi tenaga asing sangat tinggi.

Hal itu berdasarkan penelitian yang dirilis tahun 2018 terhadap 1.800 responden yang tersebar di sembilan provinsi terdiri dari 200 orang.   Ia menyebut total ada sembilan provinsi yang diteliti dan turut diukur tingkat toleransi di daerah-daerah tersebut. Antara lain Sumatra Utara, Aceh, seluruh Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, DKI Jakarta, DIY Yogyakarta, dan Sumatra Selatan. (PD/Tribunews)

Editor :
Pondek

pelantikan pengurus PSC (TNI)
Komentar Anda