Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Nasional / Menko PMK Sebut Kalung Antivirus Corona Perlu Ada Uji Klinis

Menko PMK Sebut Kalung Antivirus Corona Perlu Ada Uji Klinis

Senin, 06 Juli 2020 12:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Menteri Koordinasi bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy. [foto: cnnindonesia.com/dialeksis.com]


DIALEKSIS.COM | Jakarta “ Marak berita terkait kalung antivirus yang dapat mengobati virus corona dari Kementrian Pertanian, Menteri Koordinasi bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy ingatkan, agar Kementrian Pertanian untuk lebih berhati-hati dalam menyebarkan kalung antivirus tersebut.

Mengutip dari kompas.com, ia menyebutkan perlu ada uji klinis untuk membuktikan keefektifan dari kalung tersebut.

“Penting, jangan sampai kalung tersebut belum teruji klinisnya dan secara ilmiah. Jika memang belum, jangan dulu disebarluaskan,” kata Muhadjir, Senin (6/7/2020).

Menurutnya, jika sampai kalung tersebut ternyata tidak cocok dengan apa yang diperkirakan, tentu akan menimpbulkan dampak yang tidak baik nantinya.

Meski begitu, pihaknya mendukung upaya yang dilakukan dari berbagai pihak dalam mengatasi pandemi covid-19 ini. Mulai dari penemuan vitamin, obat, penelitian antivirus serta penelitian obat herbal yang dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

“Tapi, harus ada kajian yang mendalam dan dapat dipertanggungjawabkan secara akademik dan secara ilmiah,”pungkas Muhadjir. (IDW)


Editor :
Indra Wijaya

riset-JSI
Komentar Anda