Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Dunia / Peringatan soal Corona, WHO: yang Terburuk Belum Datang

Peringatan soal Corona, WHO: yang Terburuk Belum Datang

Sabtu, 04 Juli 2020 16:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi Virus Corona. [Foto: 123rf.com]


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) kembali memperingatkan seluruh negara terkait dengan perkembangan terbaru pandemi Covid-19. Hal ini disampaikan mengingat sejumlah negara masih mengalami peningkatan kasus, dinyatakan bahwa 'yang terburuk belum datang'.

Kepala WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan meski di sejumlah negara telah ada penurunan kasus, tapi belum berhenti sampai di sana. Bahkan, kondisi saat ini masih belum mendekati akhir pandemi.

"Secara global, pandemi ini masih naik ... Kita ingin ini selesai. Kita ingin dapatkan kembali kehidupan kita. Namun, realitas terberatnya adalah ini belum juga mendekati akhir," kata Tedros dikutip dari CNBC International. 

"Beberapa kasus bangkit lagi di beberapa negara ketika mereka membuka kembali ekonomi dan komunitas mereka. Banyak orang masih rentan. Virus ini memiliki banyak ruang untuk bergerak." 

Kepala Unit Penyakit dan Zoonosis WHO Dr Maria Van Kerkhove mengatakan sejumlah negara yang berhasil menahan laju pandemi corona mengalami serangan baru virus saat pembukaan kembali. Namun sayangnya, WHO tak tegas menyebut negara mana saja yang harus melakukan lockdown. 

"Beberapa negara yang telah berhasil menekan transmisi dan buka kembali, sekarang mungkin mengalami kemunduran," ujarnya. 

Ia pun mengatakan, hanya ada beberapa negara yang mampu merespon perkembangan sekarang ini dengan efektif. Negara itu, kata dia, sebelumnya memiliki pengalaman buruk dengan virus sebelumnya yakni SARS di 2003 dan MERS di 2013. (CNBC)


Editor :
Indri

riset-JSI
malikusaleh idul adha
Komentar Anda
dinsos dan M