Beranda / Berita / Nasional / Kabuaten/Kota yang Punya Layanan Penanggulan Bencana Terbaik di Indonesia Bakal Jadi Wajah Dunia Internasional

Kabuaten/Kota yang Punya Layanan Penanggulan Bencana Terbaik di Indonesia Bakal Jadi Wajah Dunia Internasional

Sabtu, 26 November 2022 10:30 WIB

Font: Ukuran: - +


[Foto: Dok. Kemendagri]

Kategori ketiga Garda Siap Sigap Aksi, akan diberikan kepada 2 kabupaten/kota yang memiliki eviden terbaik dalam pelaksanaan gladi, berdasarkan kerangka pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan. 

Kategori keempat adalah Garda Siap Sigap Reaksi, yang akan diberikan kepada 2 kabupaten/kota dengan eviden terbaik dalam pelaksanaan Pencarian, Penyelamatan dan Evakuasi (PPE) korban bencana, dalam kerangka pelayanan penyelamatan dan evakuasi. 

Lebih lanjut, keberhasilan penerapan SPM di kabupaten/kota juga tidak terlepas dari peran Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat (GWPP) maupun peran Gubernur sebagai Kepala Daerah. 

BPBD Provinsi wajib menyelenggarakan kewenangannya dalam penanggulangan bencana pada lingkup provinsi seperti menyusun KRB dan RPB, berperan aktif dalam tim penerapan SPM provinsi dan terlibat aktif dalam menyusun dan mengimplementasikan rencana aksi penerapan SPM provinsi serta mendorong kolaborasi dan kerjasama di wilayahnya. 

Oleh karena itu, Garnas Buana Award 2022 akan menganugerahkan kategori Garda Siap Sigap Sakti kepada 3 provinsi yang dinilai berhasil dalam melakukan pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan SPM Sub Urusan Bencana. []

Halaman: 1 2 3
Keyword:


Editor :
Alfatur

kip
riset-JSI
Komentar Anda