Logo Dialeksis
Beranda / Berita / Nasional / Ini Jawaban Google Merespon Protes Warga Aceh

Ini Jawaban Google Merespon Protes Warga Aceh

Kamis, 17 Oktober 2019 11:00 WIB

Font: Ukuran: - +
Ilustrasi hasil terjemahan Google Translate, Kamis (17/10/2019). [Foto: Google/Dialeksis.com]

DIALEKSIS.COM | Jakarta - Tak menunggu lama, Google merespon Surat Terbuka warga Aceh Haekal Afifa bersama Forum Masyarakat Melayu dan Aceh lainnya terkait tindak diskriminatif terhadap suku Aceh pada layanan Google Translate.

Menurut Communication Manager Google Indonesia Feliciana Wienathan, kesalahan terjemahan tersebut karena ada kesalahan terjemahan pada layanan Google Translate milik Google. 

"Kami telah menyadari bahwa ada kesalahan terjemahan di Google Translate dan kami meminta maaf kepada siapa saja yang mungkin merasa tidak nyaman oleh terjemahan ini,” kata Feliciana Wienathan, seperti dilansir Okezone, Rabu (16/10/2019). 

Feliciana juga mengungkapkan bahwa pihaknya saat ini sedang meneliti hal ini dan mengerjakan perbaikan segera. 

Baca: Merasa Dihina, Warga Aceh Protes Google

Sebelumnya, warga Aceh Haekal Afifa bersama Forum Masyarakat Melayu dan Aceh meyalangkan surat terbuka kepada pihak Google, sebagai bentuk protes terhadap kesalahan terjemahan sejumlah kata yang "menghina bangsa Aceh". 

 Potongan surat terbuka dari Haekal cs. [Foto: IST]

Selain dikirim ke pihak Google, Haekal juga memberi tembusan surat terbuka itu ke Mr. Sundar Pichai, CEO Google LLC, International Labour Organization - Organisasi Perburuhan, Kementerian Hukum dan HAM RI, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI, dan Komnas HAM RI. (me)

Editor :
Makmur Emnur

Komentar Anda