Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
BANK
Beranda / IKM / Jawaban Tiga Kakanwil Yang Disurati Plt Gubernur Soal IKM

Jawaban Tiga Kakanwil Yang Disurati Plt Gubernur Soal IKM

Selasa, 05 Februari 2019 20:16 WIB


DIALEKSIS.COM| Banda Aceh – Tiga Kakanwil di Aceh disurati Plt Gubernur soal Industri Kecil Menengah (IKM). Nova Iriansyah menghimbau tiga kakanwil di Aceh itu agar memprioritaskan penggunaan produk IKM Aceh. 

Surat himbauan Gubernur Aceh bersipat segera, tertanggal 28 Januari 2019 ini telah menimbulkan beragam penafsiran di lapangan. Dialeksis meminta tanggapan tiga Kakanwil (BPN Aceh, Kemenkumham Aceh dan Kemenag Aceh), Selasa (5/2/2019) seputar surat himbauan yang bersipat segera itu.

Menurut Saipul SP MH, Kakanwil Badan Pertanahan Nasional Aceh (BPN) memberikan penjelasan singkat soal surat Plt Gubernur yang ditujukan kepada pihaknya. “Kita sangat mendukung tumbuh kembang produk produk lokal di Aceh, termasuk produk IKM,” sebutnya.

Sementara Kankanwil Kemenkumham Aceh, Agus Toyib, yang diminta keteranganya secara terpisah, menjelaskan, “Sangat bagus memberdayakan produk asli daerah. Kami juga sudah melakukan hal itu pada saat dilangsungkan Rakorwil beberapa waktu lalu. IKM harus dihidupkan, sekaligus memperkenalkan produk asli daerah Aceh kepada daerah lain,” kata Agus Toyib.

Sementara itu Kakanwil Kemenag Aceh, Daud Pakeh, memberikan keterangan kepada Dialeksis. “Sudah sepantasnya semua pihak mendukung dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat dan penampungan tenaga kerja, serta sangat perlu memberikan kesadaran masyarakat untuk menghargai dan bangga dengan produk daerah sendiri,” jelas Daud Pakeh.

Sebelumnya Plt Gubernur Aceh menyurati tiga kakanwil ini berupa himbauan tentang produk IKM. Menurut Nova Iriansyah, dalam upaya mengembangkan dan memajukan industri kecil menengah (IKM) di Kabupaten Kota se Aceh, yang saat ini semakin tumbuh dan berkembang, yang menghasilkan berbagai produk.

Menurut surat Nova, berbagai produk itu antara lain, aneka tas, produk makanan, fashion, sabun, dan aroma terapi, serta aneka produk kebutuhan rumah tangga lainya, yang sudah dipasarkan melalui pasar lokal, regional dan global, perlu dukungan saudara serta semua stakholder terkait.

Berkenan dengan hal tersebut, menurut Nova, dan mensikapi pemberitaan media, di Aceh terutama pemberdayaan ekonomi masyarakat, kami himbau kiranya saudara memprioritaskan penggunaan produk IKM Aceh, seperti tas atau asesoris lainya dalam kegiatan seminar, pelatihan, atau kegiatan sejenis, sebagai wujud kepedulian kita bersama untuk kemajuan IKM Aceh, sehingga dapat membantu menekan angka pengangguran dan kemiskinan di Aceh.

Surat Plt Gubernur kepada tiga kakanwil Aceh ini, bernada himbauan seperti terguran, karena disebutkan sipatnya segera. Surat tersebut kini menjadi pembicaraan publik, muncul pertanyaan mengapa Plt Gubernur membuat surat himbauan kepada tiga Kakanwil ini. (Baga).

Editor :
Redaksi

Prof. Dr. Cornelis Lay, M.A (kamaruddin)
Komentar Anda