dinsos
Beranda / Berita / Haba Ramadan / Hal yang Perlu Diketahui dari Kewajiban Membayar Zakat

Hal yang Perlu Diketahui dari Kewajiban Membayar Zakat

Sabtu, 16 April 2022 10:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi. [Foto: copyrightshutterstock/Najmi Arif]


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Banyak dari kita yang akan sibuk berusaha mengisi bulan Ramadan dengan amal baik, ibadah dan bersedekah.

Zakat merupakan kewajiban kecil namun penting bagi semua Muslim selama Ramadan ini menunjukkan kewajiban pembayaran segenggam makanan kepada orang yang membutuhkan dan harus dibayar sebelum shalat Idul Fitri.

Tujuan utama zakat fitrah adalah untuk membekali orang-orang yang berpuasa dengan sarana untuk menebus kesalahan mereka selama bulan puasa. Ini juga memastikan bahwa orang yang kurang mampu dapat merayakan hari raya Idul Fitri bersama umat lainnya.

Orang yang Wajib Membayar Zakat

Setiap Muslim yang memiliki makanan melebihi kebutuhan mereka harus membayar Zakat Fitrah. Artinya, zakat merupakan kewajiban bagi setiap orang dalam rumah tangga. Kepala rumah tangga dapat membayar atas nama anggota keluarga lainnya.

Zakat fitrah wajib dibayarkan kepada setiap anggota rumah tangga termasuk anak-anak dan bayi. Namun, kepala rumah tangga dapat membayar atas nama tanggungan mereka.

Ketentuan Waktu Membayar Zakat

Zakat fitrah khusus untuk bulan Ramadan dan dapat dibayarkan kapan saja setelah awal bulan suci. Yang bisa dibayarkan juga sebelum salat Idul Fitri agar fakir miskin bisa mendapatkan manfaat di saat Idul Fitri.

Manfaat dari Zakat Fitrah

Manfaat yang jelas dari Zakat Fitrah adalah menyediakan makanan untuk orang yang kurang mampu dan membersihkan diri kita dari kesalahan yang dilakukan selama bulan Ramadan.

Namun, hikmah dari amal ini jauh lebih dalam. Tidak hanya merendahkan si pemberi dengan menunjukkan kepada mereka bahwa uang mereka adalah berkah dari Allah (swt) dan bahwa orang yang kurang mampu memiliki bagian dari rezeki tersebut, tetapi juga menyatukan semua serat umat.

Bahkan ketika kita disibukkan dengan perayaan Idul Fitri yang akan datang, kita didesak untuk memikirkan saudara-saudara kita di seluruh dunia yang sedang berjuang melalui kesulitan dan untuk berbagi kegembiraan Idul Fitri dengan mereka juga.

Nah, jangan lupa untuk membayarkan zakat fitrah sebelum sholat Idul Fitri ya! Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan berbagi kebaikan. [Fimela]

Keyword:


Editor :
Alfatur

dinas perikanan
dinas pendidikan dayah
esdm
Komentar Anda