Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Beranda / Haba KPJ Penang / Intip Pelayanan Radiologi KPJ Penang

Intip Pelayanan Radiologi KPJ Penang

Sabtu, 27 Juli 2019 14:12 WIB


DIALEKSIS.COM |  Istilah radiologi bukanlah istilah asing bagi masyarakat. Terutama mereka yang kerap menggunakan pelayanan radiologi seperti CT Scan dan X-ray untuk mendiagnosa penyakit.    

 Radiologi adalah cabang atau spesialisasi kedokteran yang berkaitan dengan studi dan penerapan teknologi pencitraan seperti x-ray dan radiasi untuk mendiagnosis dan mengobati penyakit.

Dalam dunia medis radiologi berperan sangat penting. Tanpa adanya teknologi pencitraan, penyakit akan sulit terdiagnosis dan pengobatan yang ada pun tidak akan bekerja secara optimal. Akibatnya, semakin banyak orang yang sakit dan meninggal dunia karena penyakitnya tidak terdiagnosis sejak dini.

Kuncinya sederhana, semakin dini penyakit terdiagnosis, maka peluang pasien untuk mengalami kesembuhan juga akan semakin besar.

Radiologi diagnosis membantu para dokter dan staf kesehatan untuk melihat struktur di dalam tubuh Anda menggunakan teknologi pencitraan. Hal tersebut dilakukan untuk:

  1. Mengetahui kondisi bagian dalam tubuh pasien
  2. Mendiagnosis penyebab gejala yang dikeluhkan pasien
  3. Memantau seberapa baik tubuh pasien merespons perawatan atau pengobatan
  4. Melakukan screening untuk berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, penyakit paru, stroke, gangguan sendi dan tulang, epilepsi, stroke, infeksi, gangguan pada kelenjar tiroid, dan lain sebagainya.

Belum masyarkaat banyak yang familiar bahwa KPJ Penang Spesialist Hospital yang merupakan anggota dari Malaysia Healthcare Travel Council (MHTC)  ini ternyata memiliki layanan radiologi terlengkap dan terbaik di negeri Jiran.  Memang selama ini rumah sakit yang terletak di kawasan penang ini dikenal memiliki keunggulan di bagian pelayanan ortopedi (tulang) dan kardiologi (jantung).

Akan tetapi ternyata fasilitas radiologi di rumah sakit bertaraf internasional ini juga memiliki full service di bidang pelayanan radiologi. Apa saja>


Pencitraan Diagnostik (Radiologi)

Departemen Pencitraan Diagnostik (Radiologi) dilengkapi dengan fasilitas mutakhir yang meliputi:

1. Mesin x-ray umum

2. Mesin Fluoroskopi untuk prosedur penyaringan & investigasi khusus

3. Mesin Ultrasound

4. 64-slice MSCT Scan

5. Mesin mammogram

6. Magnetic Resonance Imaging (MRI)

7. Cath.Lab Angiography.

 

Cathlab

Laboratorium Kateterisasi Jantung KPJ Penang Spesialist Hospital memiliki peralatan terbaru dengan Teknologi tercanggih. Fasilitas ini adalah peralatan sinar-X khusus yang digunakan untuk melakukan angiogram (sinar-X khusus arteri).

Layanan berikut ini tersedia: - Angiogram koroner untuk menilai tingkat keparahan penyakit jantung koroner dan kesesuaian untuk operasi bypass atau angioplasti koroner

  1. Kateterisasi jantung kanan dan kiri untuk menilai penyakit katup jantung, lubang di jantung, dll.
  2. Implantasi alat pacu jantung permanen untuk mengobati denyut jantung abnormal yang mengancam jiwa.
  3. Angioplasti koroner atau PCI — pelebaran balon dan pemasangan stent pada arteri koroner.
  4. Angiogram dan angioplasti arteri ginjal.
 

Radiografi Umum

Prosedur pencitraan radiologis dasar pada bagian tubuh atas permintaan dokter

 

Ultrasonografi

Teknik menggunakan modalitas ultrasound untuk menghasilkan gambar dalam tubuh untuk mendiagnosis dan frekuensi tinggi gelombang suara digunakan sebagai pengganti radiasi.

 

Pemeriksaan Utrasound

Jenis pemeriksaan USG:

• Perut

• Daerah panggul

• Hati, kandung empedu dan pankreas

• Tiroid

• Payudara

 

MRI

Juga dikenal sebagai magnetic resonance imaging, adalah tes non-invasif bebas rasa sakit yang digunakan untuk menghasilkan gambar dua dimensi dari struktur tubuh dengan menggunakan medan magnet intens ke tubuh pasien.


Investigasi MRI umum

• Otak - Lesi, berdarah, atau mencari deteksi dini infark

• Ekstremitas dan persendian.

• Duri dan sumsum tulang belakang

• MR angio.

 

Cath. Angiografi Lab

Ini adalah bagian dari pemeriksaan radiografi intervensi seperti pembuluh darah di beberapa organ dan jantung.

Beberapa contoh bahwa sistem angio khusus dapat digunakan sebagai pemeriksaan berikut:

1. Angiogram Koroner

2. Aortogram

3. Prosedur Radiologi Intervensional (IR)

 

CT Scanning

Prosedur x-ray yang menggabungkan banyak gambar x-ray dengan bantuan komputer untuk menghasilkan pandangan cross-sectional dan, jika perlu, gambar tiga dimensi organ internal dan struktur tubuh. CT scan digunakan untuk menentukan struktur normal dan abnormal dalam tubuh dengan gambar resolusi tinggi.

 

Fasilitas kelas atas KPJ Penang Spesialist Hospital

64 Multislices CT (MDCT): CT Scan digunakan untuk mendiagnosis seperti: Cacat pendarahan otak, Cacat tulang, Cacat paru-paru, Berdarah di organ lain, Lesi,Cacat vertebra, CT Angiography (CTA), rekonstruksi 3 Pemindaian MPR gigi

 

Fluoroskopi

Prosedur pencitraan untuk studi dinamis yang bidang pemeriksaan spesialisasi diperiksa oleh dokter. Juga termasuk Fluorocopy (Pemeriksaan Khusus), yaitu adalah prosedur pencitraan yang melibatkan perbedaan kontras positif (pelarut Barium sulfat atau suspensi yodium organik). Media kontras diberikan kepada pasien melalui tabung, injeksi atau oral.


 Untuk masyarakat Aceh, Rumah Sakit KPJ Penang membuka perwakilan di Banda Aceh dalam rangka memudahkan masyarakat Aceh yang ingin berobat ke Penang, Malaysia. Lokasinya berada di Jl. Teuku Iskandar No.16, Beurawe, Kuta Alam, Kota Banda Aceh, dengan nomor kontak 0811-6878-038. (pd/adv)




Editor :
Pondek

Komentar Anda