Logo Dialeksis
Beranda / Gaya Hidup / Wow, Jutaan Akun YouTuber Tenar Terancam Dibajak Hacker

Wow, Jutaan Akun YouTuber Tenar Terancam Dibajak Hacker

Selasa, 24 September 2019 13:00 WIB

Font: Ukuran: - +
Foto: detik

DIALEKSIS.COM | Jakarta - Dalam beberapa hari ini, terjadi serangan siber masif untuk membajak akun YouTuber tenar. Salah satu yang paling diincar adalah YouTuber soal otomotif. Serangan dari hacker tersebut kemungkinan sangat terkoordinasi.

Reporter dari media ZDNet adalah yang pertama melaporkannya, setelah menelusuri forum internet yang memperjualbelikan akun. Beberapa akun tenar dari jagat otomotif semacam Built, MaxtChekVids, PURE Function, dan Musafir terkena serangan ini.

Namun bukan hanya YouTuber otomotif, tak sedikit pula YouTuber dari genre lain terkena. Dikutip detikINET dari Forbes, disimpulkan bahwa semua orang yang menciptakan konten di YouTube mesti waspada. Diperkirakan saat ini, ada 23 juta channel YouTube.

Seperti dilansir detik.com, pola serangan sebenarnya tak terlampau canggih. Awalnya, email dikirim pada YouTuber yang diincar, menipu mereka dengan tampilan login Google palsu yang kemudian digunakan untuk mengakses YouTube. Cukup banyak yang terkena sehingga hacker pun panen akun YouTube.

Para hacker lantas mengubah URL. Maka, pemilik sebenarnya dari channel YouTube dan para subscriber berpikir akun mereka telah dihapus. Bahkan hacker juga sukses menerobos akun yang sudah dilindungi sistem two factor authentication.

Bagaimana antisipasinya? James Houghton selaku CEO perusahaan siber Phising Tackle mengakui serangan ini impresif. Tapi tetap saja semuanya bepulang pada manusianya, jangan pernah mengklik atau mengisi link mencurigakan.

"Serangan ini bergantung pada individu untuk mengklik sebelum mengecek. Masalahnya adalah kurangnya pengetahuan soal email yang palsu dan juga pengetahuan apa saja yang seharusnya ada di email resmi," cetusnya.(dt)

Editor :
Zulkarnaini

Tsunami
Komentar Anda