Beranda / Gaya Hidup / Twitter Konfirmasi Biaya Rp125 Ribu Untuk Verifikasi Centang Biru

Twitter Konfirmasi Biaya Rp125 Ribu Untuk Verifikasi Centang Biru

Minggu, 06 November 2022 14:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Foto: Nurphoto/Getty Images

DIALEKSIS.COM | Dunia - Twitter telah mengonfirmasi rencana untuk mengizinkan pengguna membeli status terverifikasi centang biru.

Dalam pembaruan untuk perangkat Apple, perusahaan mengatakan fitur itu akan terbuka untuk pengguna di negara tertentu yang mendaftar ke layanan Twitter Blue seharga $7,99 (Rp120 ribu) per bulan.

Perubahan kebijakan tersebut kontroversial, di tengah kekhawatiran bahwa platform tersebut dapat dibanjiri akun palsu.

Ini mengikuti pengambilalihan Twitter oleh Elon Musk, yang pada hari Jumat (4/11/2022) memberhentikan sekitar setengah dari tenaga kerja perusahaan.

Centang biru yang dicari sebelumnya hanya tersedia untuk individu dan organisasi terkenal atau berpengaruh, yang diminta untuk membuktikan identitas mereka.

Ini telah digunakan sebagai tanda bahwa profil itu asli, dan merupakan alat utama untuk membantu pengguna mengidentifikasi informasi yang dapat diandalkan di platform.

Perubahan kebijakan dapat memicu kekhawatiran bahwa tokoh pemerintah, selebritas, jurnalis, dan merek dapat ditiru oleh pengguna mana pun yang bersedia membayar biaya bulanan.

Musk, orang terkaya di dunia, tampaknya ingin mendiversifikasi pendapatan Twitter, setelah dia mengakuisisi perusahaan tersebut akhir bulan lalu dalam kesepakatan senilai $44 miliar (sekitar Rp650 triliun)

Pada hari Sabtu seorang pejabat tinggi PBB, Komisaris Hak Asasi Manusia Volker Türk, mendesak Musk untuk "memastikan bahwa hak asasi manusia tetap menjadi pusat pengelolaan Twitter".

Intervensi PBB yang tidak biasa menunjuk pada pemecatan seluruh tim hak asasi manusia Twitter, dengan mengatakan ini "bukan awal yang menggembirakan" di bawah kepemilikan Musk.

Tidak ada tanggapan langsung dari Twitter.

Beberapa detail dipublikasikan terkait dengan perubahan dalam kebijakan verifikasi, dan langganan Twitter Blue dilaporkan tetap dengan harga lama £ 4,99 di Inggris setelah pengumuman hari Sabtu.

Pembaruan Twitter mengatakan perubahan hanya akan berlaku di Inggris, AS, Kanada, Australia, dan Selandia Baru pada awalnya.

Sebuah kebingungan tweet dari Mr Musk sendiri menyarankan perubahan akan diluncurkan di seluruh dunia setelah mereka diamati di beberapa negara awal.

Tidak jelas apa yang akan terjadi pada profil yang sudah memiliki centang biru, atau apakah Twitter masih berencana untuk "memverifikasi" pengguna selain dengan menagih mereka berlangganan.

Menanggapi satu pengguna yang bertanya apa yang akan terjadi pada profil terverifikasi yang ada, Musk mengatakan batas waktu untuk perubahan yang akan diterapkan adalah "beberapa bulan".

Menjawab pertanyaan lain tentang risiko pengguna yang berpura-pura menjadi tokoh terkenal, dia mengatakan Twitter akan "menangguhkan akun yang mencoba peniruan identitas dan menyimpan uangnya".

Sejumlah merek besar telah menghentikan pengeluaran iklan dengan Twitter dalam beberapa hari terakhir di tengah pergolakan perusahaan. [BBC]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
distanbun 12
Komentar Anda