demokrat muslim
Beranda / Gaya Hidup / Konsumsi Apel Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

Konsumsi Apel Memiliki Manfaat untuk Kesehatan

Rabu, 18 Januari 2023 08:00 WIB

Font: Ukuran: - +

 Cuka sari apel dapat membantu mengatasi masalah jamur di kulit (Ilustrasi cuka apel), Foto: Ist/net


DIALEKSIS.COM | Gayahidup - Cuka sari apel memiliki kemampuan antimikroba dan antioksidan dan beberapa penelitian tersedia untuk mendukung beberapa klaim kesehatan tentang manfaatnya. Anda harus mengkonsumsinya jika ingin hidup sehat.

Dilansir dari Cnet pada Selasa (17/1/2023), saat Anda menggabungkan apel, gula, dan ragi dan membiarkannya berfermentasi, itu akan menghasilkan cuka sari apel. Selama beberapa minggu, ragi akan mencerna gula untuk membuat alkohol. Setelah ini terjadi, bakteri alami akan mengubah alkohol menjadi asam asetat, dari situlah bau menyengat dan rasa cuka sari apel berasal.

Berikut empat manfaat dari cuka sari apel yaitu :

1. Dapat Mambantu Kontrol Gula Darah dan Diabetes

Hingga 95 persen penderita diabetes memiliki diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 terjadi akibat resistensi insulin atau ketidakmampuan tubuh memproduksi insulin.Bahkan, jika Anda tidak menderita diabetes, akan bermanfaat untuk menjaga kadar gula darah dalam kisaran normal. Penelitian telah menunjukkan bahwa cuka sari apel dapat meningkatkan respons insulin dan menurunkan kadar gula darah setelah makan.

Mengkonsumsi cuka sari apel sebelum tidur juga terbukti dapat menurunkan gula darah puasa setelah bangun tidur. Pastikan untuk berbicara dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi apple cider vinegar (ACV) jika Anda menderita diabetes, terutama jika Anda sedang menjalani pengobatan. 

2. Membunuh Bakteri Berbahaya

Mereka yang ingin mengawetkan makanan secara alami mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan cuka sari apel. Ini adalah pembunuh patogen yang dikenal, yang meliputi mikroba seperti staph dan candida.

Cuka adalah bahan pengawet yang populer di Korea, karena dapat mencegah pertumbuhan E. coli dan norovirus dalam makanan. E. coli dapat menyebabkan keracunan makanan saat dikonsumsi, tetapi efek bakterisidal asam asetat dalam cuka sari apel dapat mencegahnya terjadi. 

3. Bisa Menurunkan Berat Badan

Manfaat lain dari cuka sari apel yang mungkin berguna adalah kemampuannya untuk membantu menurunkan berat badan. Ketika diminum sebelum atau selama makan, cuka sari apel telah terbukti membantu rasa kenyang, atau perasaan kenyang.

Dalam sebuah penelitian, peserta makan sekitar 200 hingga 275 kalori lebih sedikit saat cuka sari apel dikombinasikan dengan makanan. Selama periode tiga bulan, peserta yang mengonsumsi satu hingga dua sendok makan cuka sari apel per hari mengalami penurunan berat badan hingga 3,7 pon dan pengurangan lemak tubuh. 

4. Meningkatkan Kadar Kolesterol Baik

Kadar kolesterol dan trigliserida yang tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Memasukkan hingga satu ons cuka sari apel ke dalam hari Anda, bersama dengan diet rendah kalori, dapat mengurangi kolesterol total dan trigliserida sekaligus meningkatkan kolesterol baik HDL.

Mereka yang menderita diabetes tipe 2 juga dapat melihat hasil positif pada kadar kolesterol total dan trigliserida ketika menambahkan setengah ons cuka sari apel ke dalam makanan mereka. [republika.co.id]

Keyword:


Editor :
Redaksi

dispora, ksp, perpadi
Komentar Anda