dinsos
Beranda / Gaya Hidup / Inilah Cara Menjaga Kesehatan Otak Manusia

Inilah Cara Menjaga Kesehatan Otak Manusia

Senin, 08 Agustus 2022 15:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Auliana Rizky

Ilustrasi.[Foto: Net]

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Berikut adalah cara-cara dalam menjaga otak manusia. Hal tersebut disampaikan oleh Dokter Spesialis Saraf, dr Hidayaturrahmi dan kemudian dikutip Dialeksis.com pada akun instagram rsp.usk terkait "Menjaga Kesehatan Otak" Minggu (7/8/2022). 

Ia mengatakan, menjaga pola makan sangat penting untuk kesehatan otak baik buah, karbohidrat, protein, vitamin, dan lainnya. Namun dikonsumsi pada porsi yang pas, artinya harus berimbang atau tidak berlebihan.

Kemudian, olahraga juga tidak kalah penting seperti berenang, yoga, sepedaan, memanah, dan sebagainya. Beberapa jenis olahraga banyak disukai oleh orang banyak misalnya yoga. Jadi, itu bukan sebagai tekanan bagi dirinya melainkan healing.

Lanjutnya, otak tidak boleh overthingking berlebihan karena otak tidak bisa menampung semuanya. Merasa dirinya punya banyak sekali kelemahan dan orang lain lebih hebat dari kita.

"Tanpa kita sadari manusia memang punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing," ucapnya.

Pikiran itu merasa paling benar ketika apa yang ia pikir. Padahal ada hal-hal yang memang itu tidak penting. Awalnya kecil namun lama-kelamaan bisa capek dan stress.

"Makanya otak itu simpan yang positif sehingga yang negatif perlahan memudar di otak kita," jelasnya.

Ia juga menambahkan, banyak orang yang vertigo yang berasal dari otak. Ada masalah-masalah yang berasal dari telinga itu juga bisa menyebabkan vertigo. Biasanya vertigo dari otak tidak terlalu berat, hanya saja tidak bisa menjaga keseimbangan dalam memikirkan sesuatu. Namun vertigo selain dari otak misalnya punya penyakit khusus malah ini yang lebih bahaya.

Terlepas dari banyak permasalahan dalam hidup, tugas manusia adalah berdoa pada Allah Swt. agar dilancarkan aktivitasnya dan senantiasa diberikan kemudahan.

"Gunakan otak kita sebaik-baiknya, latih otak sedemikian mungkin, baik dari berpikir maupun komunikasi, sibukkan diri dengan hal-hal yang positif, semoga Allah Swt. menjaga kesehatan kita, aaaaminn yarabbal a'laminnn" tutupnya.(Auliana)


Keyword:


Editor :
Akhyar

dinas perikanan
dinas pendidikan dayah
esdm
Komentar Anda