arc
Beranda / Gaya Hidup / Ini Faktor Selingkuh Menurut Versi Dokter Jiwa

Ini Faktor Selingkuh Menurut Versi Dokter Jiwa

Senin, 15 Maret 2021 10:30 WIB

Font: Ukuran: - +


DIALEKSIS.COM - Selingkuh kerap kali dipengaruhi beberapa faktor salah satunya dari faktor psikologis manusia. Dokter spesialis kedokteran jiwa dr. Aimee Nugroho, Sp.KJ mengatakan penyebab selingkuh umumnya dipengaruhi dua faktor yaitu internal dan eksternal.

"Biasanya dari internal merasa tidak bahagia dengan pasangan, ada sesuatu yang kurang didapatkan dari pasangan. Bisa berupa seks, merasa seksnya kurang atau tidak ada kedekatan emosional. Jadi dia membutuhkan seseorang untuk diajak bercerita, diajak sharing," kata dokter Aimee saat siaran langsung Instagram beberapa hari lalu.

Penyebab lainnya bisa juga karena faktor ekonomi. Beberapa orang merasa tidak mendapat kesejahteraan mater yang cukup dari pasangannya, hingga mendorongnya berselingkuh dengan orang lain yang dapat memberinya materi.

"Keempat bisa juga mencari self respect. Misalnya orang yang diselingkuhi adalah orang yang terpandang, memiliki jabatan. Sehingga dia merasa bangga ketika selingkuh dengan seseorang yang memiliki pangkat karena merasa self respect-nya naik," ucapnya.

Penyebab terakhir dari faktor internal, biasanya karena terbiasa bertemu dan berinteraksi setiap hari, misalnya teman di kantor.

Tetapi, Aimee menjelaskan perselingkuhan bisa terjadi jika salah satunya merasa tidak bahagia dengan pasangannya. Sehingga mencari kedekatan dengan orang lain di sekitarnya.

"Bisa juga dia mencari orang untuk diajak curhat, bertukar pikiran. Mungkin bukan (kedekatan) emosional tapi intelektual. Karena dia merasa ada orang yang bisa diajak berbagi tentang masalah sehari-hari," katanya.

Sementara faktor eksternal bisa disebabkan karena hubungan jarak jauh. Tidak adanya kedekatan emosional, menurut Aimee jadi penyebab paling banyak terjadinya selingkuh


"Karena memori yang penting itu bukan di peristiwa besar misalnya ulang tahun, valentine. Tapi justru sebetulnya hal-hal kecil yang dilalui setiap hari," katanya.[Suara.com]


Keyword:


Editor :
M. Agam Khalilullah

walikota
dinas syariat aceh tenggara idul adha
arsip idul adha
Komentar Anda