Beranda / Gaya Hidup / Hindari 5 Kebiasaan Buruk Buat Kolesterol Tinggi

Hindari 5 Kebiasaan Buruk Buat Kolesterol Tinggi

Minggu, 13 November 2022 12:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi Kolesterol. Foto: Ist/net


DIALEKSIS.COM | Gayahidup - Kadar kolesterol yang terlalu tinggi berdampak buruk untuk kesehatan. Tingginya kadar kolesterol akan menyebabkan penyempitan di pembuluh darah, sehingga aliran darah menuju dan dari jantung terganggu.

Ada banyak faktor yang berkontribusi terhadap kadar kolesterol dalam darah yang melonjak, salah satunya kebiasaan makan yang buruk.

Lantas apa sajakah itu? Berikut paparannya:

1. Terlalu banyak makan daging merah

Konsumsi daging merah telah diketahui meningkatkan risiko kolesterol tinggi. Hal ini karena kandungan lemak jenuhnya.

"Penyakit jantung dan obesitas adalah penyakit utama yang terkait dengan pola makan tinggi daging merah. Lemak jenuh tinggi yang didapat dari konsumsi daging merah bisa meningkatkan kolesterol dan penyumbatan arteri bersama meningkatnya trigliserida," kata ahli gizi Trista Best.

Porsi konsumsi daging merah yang dianjurkan adalah sekitar 350-500 gram daging matang per minggu.

2. Diet yo-yo

Banyak orang mungkin tidak menyadari hal ini, tetapi diet ketat atau diet tidak sehat lainnya sebenarnya dapat menyebabkan masalah dengan kesehatan dan kadar kolesterol Anda.

"Satu kebiasaan yang kurang diketahui berdampak pada kolesterol adalah siklus berat badan. Secara khusus, siklus berat badan (juga dikenal sebagai diet yo-yo telah dikaitkan dengan HDL yang lebih rendah (kolesterol 'baik') dan LDL (kolesterol 'jahat' yang lebih tinggi).

Adapun pola diet yang sehat adalah yang tidak ekstrem. Tak mengapa penurunan berat badannya agak lambat, tapi stabil dan dilakukan dengan cara sehat.

3. Makan gorengan

Gorengan memang enak, namun memakannya terlalu sering dan banyak sangat berisiko untuk kesehatan. Jenis gorengan yang dimaksud bukan hanya seperti jajanan kaki lima yang populer di Indonesia, tapi juga ayam goreng di resto cepat saji.

"Penting untuk menghindari atau membatasi makanan yang digoreng. Makanan ini adalah makanan yang tinggi kolesterol dan harus dihindari sebisa mungkin, terutama karena minyak terhidrogenasi yang digunakan untuk menggoreng makanan ini mengandung lemak jahat yang cenderung meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh," kata Beth Hawkes, ahli diet terdaftar dan pemilik Nurse Code.

4. Makan terlalu banyak gula tambahan

Jika ingin kolesterol cepat turun, Anda juga harus menurunkan asupan gula tambahan Anda. Mungkin sekilas penyakit kolesterol tinggi tak ada kaitannya dengan kebiasaan makan manis, tapi anggapan itu ternyata salah. Asupan gula yang tinggi berkaitan dengan penyakit kolesterol tinggi.

"Penting untuk membatasi konsumsi makanan manis. Es krim, kue, pastry, cookies, semuanya mengandung gula tambahan. Terdapat kaitan antara konsumsi gula tambahan dengan peningkatan kadar kolesterol LDL dalam tubuh," kata Hawkes.

5. Sering ngemil dan konsumsi makanan kemasan

Terakhir, jika Anda dapat menghindari atau membatasi konsumsi makanan kemasan, Anda bisa menjaga kadar kolesterol Anda.

"Makanan ini dapat meningkatkan kolesterol karena memiliki sedikit serat di dalamnya, sering kali mengandung minyak sawit (atau turunannya) yang sangat jenuh (dan berbahaya bagi lingkungan), dan mengandung sedikit nutrisi sehat, membuatnya meradang dan cenderung meningkatkan kolesterol," kata ahli diet Dana Ellis Hunnes. [cnbcindonesia.com]

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
distanbun 12
Komentar Anda