dinsos
Beranda / Gaya Hidup / Haid Sering Terlambat, Simak Penyebab Lainnya

Haid Sering Terlambat, Simak Penyebab Lainnya

Minggu, 28 November 2021 09:30 WIB

Font: Ukuran: - +

(Foto: Getty Images/iStockphoto/sorrapong)


DIALEKSIS.COM | Gayahidup - Pernahkah Anda dilanda kepanikan usai menyadari bahwa jadwal haid terlewat? Was-was karena jadwal haid mendadak tak datang padahal belum menikah dan berhubungan badan?

Tenanglah, penjelasan berikut mungkin bisa membantu Anda untuk mengetahui penyebab jadwal haid terlewat. Selain kehamilan, ada berbagai alasan haid terlewat atau terlambat, penyebab umumnya dapat berkisar dari ketidakseimbangan hormon hingga kondisi medis yang serius.

Dalam kehidupan seorang wanita ketika haid tidak teratur adalah hal yang sangat normal, saat pertama kali mulai, dan saat menopause dimulai. Saat tubuh Anda mengalami transisi, siklus normal Anda bisa menjadi tidak teratur.

Seperti dilansir Pikiran-Rakyat.com merangkumnya, berikut adalah penyebab haid terlewat atau terlambat datang.

1. Memiliki Gangguan Makan

Wanita dengan gangguan makan, seperti anoreksia nervosa atau bulimia, mungkin mengalami haid yang terlewat. Dengan berat 10 persen di bawah kisaran normal untuk tinggi badan Anda dapat mengubah cara fungsi tubuh dan menghentikan ovulasi.

Mendapatkan pengobatan untuk gangguan makan Anda dan menambah berat badan dengan cara yang sehat dapat mengembalikan siklus Anda ke normal.

2. Obesitas

Sama seperti berat badan yang rendah dapat menyebabkan perubahan hormonal, begitu juga dengan kelebihan berat badan. Dokter Anda akan merekomendasikan diet dan rencana olahraga jika mereka menentukan bahwa obesitas adalah faktor terlambat atau terlewatnya haid.

3. Stres

Stres dapat menghilangkan hormon Anda, mengubah rutinitas harian Anda, dan bahkan memengaruhi bagian otak Anda yang bertanggung jawab untuk mengatur menstruasi Anda.

Seiring waktu, stres dapat menyebabkan penyakit atau kenaikan atau penurunan berat badan secara tiba-tiba, yang semuanya dapat memengaruhi siklus Anda.

Jika menurut Anda stres dapat mengganggu haid, cobalah berlatih teknik relaksasi dan mengubah gaya hidup. Menambahkan lebih banyak olahraga ke dalam rutinitas Anda, dapat membantu Anda kembali ke siklus yang normal.

4. Sindrom ovarium polikistik (PCOS)

Sindrom ovarium polikistik (PCOS) adalah suatu kondisi yang menyebabkan tubuh Anda memproduksi lebih banyak hormon androgen pria. Kista terbentuk di ovarium akibat ketidak seimbangan hormon ini. Ini bisa membuat ovulasi tidak teratur atau menghentikannya sama sekali.

Hormon lain, seperti insulin juga bisa tidak seimbang. Ini karena resistensi insulin yang berhubungan dengan PCOS. Perawatan untuk PCOS berfokus pada meredakan gejala. Dokter Anda mungkin meresepkan alat kontrasepsi atau obat lain untuk membantu mengatur siklus Anda.

Namun jika Anda tidak yakin dan ingin memastikan penyebabnya, Anda bisa melakukan kosultasi dengan Dokter. Anda dapat dengan tepat mendiagnosis alasan Anda terlambat atau melewatkan haid dan mendiskusikan pilihan perawatan Anda.

Catat perubahan dalam siklus Anda serta perubahan kesehatan lainnya untuk ditunjukkan kepada dokter Anda. Ini akan membantu mereka membuat diagnosis. [Sumber: Healthline]

Keyword:


Editor :
Redaksi

dinas perikanan
dinas pendidikan dayah
esdm
Komentar Anda