Beranda / Gaya Hidup / 5 Tips Ampuh Hilangkan Lemak Perut

5 Tips Ampuh Hilangkan Lemak Perut

Minggu, 24 Oktober 2021 21:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi. [Foto: hellosehat]

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Lemak visceral, yang dikenal sebagai lemak perut, adalah lemak yang berada di dalam perut, mengelilingi organ hati, usus, dan pankreas. Lemak visceral dapat menyebabkan masalah serius antara lain pembuluh darah yang menyempit, peningkatan risiko penyakit kardiovaskular, penyakit liver, dan diabetes. 

Berikut tips yang dapat dilakukan untuk menghilangkan lemak visceral dalam tubuh.

1. Menurunkan berat badan

Cara termudah mengurangi lemak visceral dengan menurunkan berat badan. Hal itu diungkapkan W. Scott Butsch, MD, spesialis pengobatan obesitas di Cleveland Clinic. 

"Dengan mengurangi 10 persen dari berat badan total, kita bisa menghilangkan hingga 30 persen lemak tubuh," kata Butsch.

2. Rajin olahraga

Menjaga pola makan saja tidak mampu mengurangi lemak perut. Upaya tersebut harus dibarengi dengan berolahraga. 

Menurut studi tahun 2020 yang dimuat dalam jurnal Nutrients, ditemukan olahraga dapat mengurangi lemak visceral kendati berat badan kita tidak berkurang. Penyebabnya adalah, olahraga menurunkan sirkulasi insulin dan memberi sinyal pada organ hati untuk membakar timbunan lemak visceral. 

Olahraga intensitas sedang yang dikombinasikan dengan latihan kekuatan (strength training) memiliki tingkat keberhasilan tinggi dalam mengurangi lemak visceral. 

Temuan studi tahun 2021 menyatakan, berolahraga dapat mengurangi lemak visceral pada orang dewasa yang sehat.  

3. Tidak mengonsumsi gula berlebihan 

Cleveland clinic menyatakan fruktosa atau gula menyebabkan sel-sel lemak matang lebih cepat, khususnya di lemak visceral. 

"Diet yang meliputi soda atau minuman yang mengandung fruktosa tidak hanya meningkatkan asupan kalori, tetapi juga memengaruhi perkembangan lemak perut," keterangan Cleveland clinic.

Kurangi gula dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari, termasuk minuman dan jus manis, biji-bijian olahan, makanan yang dipanggang, dan makanan olahan. 

4. Tidur cukup 

Peneliti di Wake Forest University menemukan, pelaku diet yang tidur lima jam atau kurang setiap malam memiliki lemak perut 2,5 kali lebih banyak daripada orang yang tidak kekurangan tidur. 

Para ahli mengatakan, kurang tidur akan mengubah produksi leptin dan ghrelin, dua hormon yang mengatur nafsu makan. Perubahan produksi kedua hormon tersebut dapat meningkatkan rasa lapar. Juga, kurang tidur akan meningkatkan produksi kortisol, hormon stres yang memberi sinyal pada tubuh untuk menahan lemak di sekitar perut. 

National Sleep Foundation menganjurkan setiap orang untuk tidur selama tujuh hingga sembilan jam per malam. 

5. Kelola stres 

Stres dapat memicu keinginan untuk mengonsumsi makanan manis dan tinggi lemak. Kedua jenis makanan ini dapat menghasilkan lemak perut, menurut studi yang dipublikasikan dalam The Annals of the New York Academy of Sciences. 

Stres kronis juga menyebabkan otak memompa kortisol, zat kimia yang memunculkan lemak visceral. Hindari stres melalui olahraga dan teknik relaksasi, seperti yoga di rumah. [Kompas]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
distanbun 12
Komentar Anda