Logo Dialeksis - Masker
Beranda / Gaya Hidup / Aceh Singkil Memiliki Pulau Panjang Destinasi Wisata Keluarga

Aceh Singkil Memiliki Pulau Panjang Destinasi Wisata Keluarga

Sabtu, 21 November 2020 15:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Foto: Antara


DIALEKSIS.COM | Singkil - Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil menjadikan Pulau Panjang di Kecamatan Pulau Banyak sebagai destinasi wisata keluarga.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Singkil Edi Hartono yang dihubungi dari Banda Aceh, Jumat, mengatakan selama ini Pulau Panjang ramai dikunjungi wisatawan membawa keluarganya.

"Atas dasar itu, kami menjadi Pulau Panjang sebagai destinasi wisata keluarga. Pantai di Pulau Panjang termasuk aman untuk anak-anak," kata Edi Hartono.

Edi Hartono menyebutkan Pulau Panjang hanya berjarak lima menit menggunakan perahu motor dari Pulau Balai. Pulau Balai merupakan ibu kota kecamatan.

Menurut Edi Hartono, Pulau Panjang didominasi wisatawan lokal, baik dari Aceh Singkil, daerah lainnya di Aceh, maupun dari Sumatera Utara. Palau panjang setiap pekan dipadati wisatawan.

Sebagai destinasi wisata, kata Edi Hartono, sarana dan prasarana di Pulau Panjang sudah memadai. Di pulau tersebut sudah ada resor serta fasilitas wisata lainnya.

"Pariwisata di Pulau Panjang dikelola badan usaha milik desa. Mereka juga mempromosikan Pulau Panjang melalui internet. Kami mendukung penuh pengembangan destinasi pariwisata di Pulau Panjang," kata Edi Hartono.

Edi Hartono meyakini pariwisata Pulau Panjang serta Pulau Banyak pada umumnya akan berkembang. Apalagi Kapal Aceh Hebat 3 milik Pemerintah Aceh akan melayani penumpang ke Pulau Banyak mulai tahun depan.

"Kehadiran Kapal Aceh Hebat 3 mengatasi kelangkaan transportasi laut ke Pulau Banyak. Kapal Aceh Hebat nantinya melayani penumpang dari daratan Singkil ke Pulau Banyak setiap hari," kata Edi Hartono.

Pulau Banyak berada di Samudera Hindia dengan 63 pulau besar dan kecil. Pulau Banyak berjarak 26 mil dari Singkil, ibu kota Kabupaten Aceh Singkil, dengan jarak tempuh dua hingga empat jam perjalanan laut [Antara].

Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda