Logo Dialeksis - Masker
Beranda / Feature / Siapa Amiruddin Sekda Banda Aceh yang Baru?

Siapa Amiruddin Sekda Banda Aceh yang Baru?

Rabu, 30 Desember 2020 08:00 WIB

Font: Ukuran: - +


Tuhan sudah mengatur perjalanan hidup manusia. Bila tuhan berkehendak akan mengamanahkan sebuah jabatan kepada manusia, maka tidak ada yang mampu menghalanginya. Amanah itu kali ini dipercayakan kepada Amiruddin.

Jabatan yang sama pernah diembanya ketika dia bertugas di kabupaten Pidie. Kini kembali dia ditunjuk sebagai Sekda Kota Banda Aceh, yang pelantikanya akan berlangsung hari ini, Rabu (30/12/2020).

Amiruddin ditunjuk sebagai sekda defenitif Kota Banda Aceh setelah lulus seleksi. Ada enam calon Sekda Banda Aceh yang mencalonkan diri, Amiruddin masuk dalam hasil seleksi 3 besar yang namanya diajukan ke Gubernur Aceh untuk mendapat SK.

Wali kota Banda Aceh Aminullah Usman, sudah menerima surat keputusan Gubernur Aceh yang ditanda tangani Nova Iriansyah melalui nomor: 049 tahun 2020 tentang Pengangkatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banda Aceh. Nama Amiruddin terteta jelas dalam SK itu.

Amiruddin akan memangku jabatan Sekda selama 5 tahun, dia menggantikan posisi Sekda ditinggalkan oleh Bahagia yang memasuki usia pension. Jabatan Bahagia yang kosong itu sementara diisi Plt Sekda Kota Banda Aceh, dipercayakan kepada Drs Muzakkir Tulot MSi yang juga Kadishub Kota Banda Aceh.

Siapa Amiruddin yang dilantik pada hari ini sebagai Sekda Banda Aceh? Sekilas profil Amiruddin SE MSi seorang putra yang dilahirkan di Desa Rumia, Kecamatan Indrajaya, Pidie. Kelahiranya di ujung tahun masehi, 31 Desember 1964.

Masa kecilnya dan pendidikanya hingga ke jenjang SMA semuanya dilaluinya di kabupaten penghasil kerupuk mueling, Pidie. Kemudian dalam mendapatkan gelar sarjana strata 1 dia mendapatkan di Universitas ternama Aceh, Unsyiah di Fakultas Ekonomi.

Gelar magister ekonomi (S2) diraihnya Universitas Gadjah Mada (UGM). Selama karirnya di pegawai negeri sejumlah jabatan pernah diembanya. Ini sekilas jabatan yang pernah ditekuni Sekda Banda Aceh ini.

Pernah menjabat sebagai Pj KabagKeuangan di PDAM Moun Krueng Baro Kabupaten Pidie (1995), Kasubbag Pendidikan dan Keuangan (2001), Kasubdin Penelitian pada Bidang Bappeda (2002).

Amiruddin juga pernah mengisi posisi Pj Kabid Pembangunan II pada Bappeda Kabupaten Pidie (2006), Kabag Keuangan Setdakab Pidie (2007), Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaaan Daerah Kabupaten Pidie (2008).

Dia juga pernah memegang jabatan Asisten Administrasi Umum Setdakab Pidie (2015), terahir jabatan tertinggi yang diembanya ditanah kelahiranya sebagai Sekda Pidie (2015), setelah meninggalkan jabatan Sekda Pidie, dia memangku pekerjaan sebagai Analis Pemerintah Umum dan Otonomi Daerah (3 Januari 2020).

Kini Amiruddin, pada hari ini, 30 Januari 2020, sehari menjelang ulang tahunya yang ke 56, dia akan dilantik sebagai Sekda definitif Kota Banda Aceh.

Tuhan sudah mengatur perjalan seorang hamba, Amiruddin pernah menjabat sebagai Sekda di tanah kelahiranya, kini diberi amanah sebagai Sekda di kota kebanggaan rakyat Aceh. Selamat bertugas semoga amanah. (baga)


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda