Beranda / Ekonomi / Wapres Dorong BSI Perkuat Pembiayaan UMKM dan Industri Halal

Wapres Dorong BSI Perkuat Pembiayaan UMKM dan Industri Halal

Jum`at, 21 Juni 2024 10:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Wapres Ma'ruf Amin memberi keterangan pers usai menghadiri pembukaan BSI International Expo 2024 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Jakarta, Kamis (20/6/2024). ANTARA/Benardy Ferdiansyah


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mendorong PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) untuk meningkatkan porsi pembiayaan bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta industri halal. Hal ini disampaikan saat membuka BSI Internasional Expo 2024 di Jakarta, Kamis, 20 Juni 2024.

"Tingkatkan porsi pembiayaan dan fasilitasi pendampingan bagi UMKM dan pelaku industri halal. Ini akan mendorong pertumbuhan industri dan memacu ekspansi serta inklusi keuangan syariah," ujar Ma'ruf Amin.

Wapres menekankan bahwa BSI Internasional Expo bukan sekadar pameran, tapi harus menciptakan nilai tambah nyata bagi perekonomian nasional. Ia meminta BSI mengoptimalkan forum pertemuan antarpelaku usaha untuk menghasilkan kesepakatan bisnis konkret, baik nasional maupun global.

Ma'ruf juga mengarahkan BSI untuk fokus pada pengembangan sektor-sektor unggulan rantai nilai halal. "Arahkan pembiayaan BSI untuk menumbuhkan bisnis dan kewirausahaan syariah di sektor seperti pertanian, makanan dan minuman, pariwisata ramah muslim, fesyen, kosmetik, hingga ekosistem bisnis umrah dan haji," jelasnya.

Lebih lanjut, Wapres menyarankan agar BSI Internasional Expo diselenggarakan secara konsisten setiap tahun di berbagai kota di Indonesia. Ia juga menekankan pentingnya citra bank syariah yang modern dan bersih.

"Bank syariah harus halal, tapi juga keren. Jangan kumuh," tegas Ma'ruf, merujuk pada peresmian gedung BSI terbaru di Aceh yang dinilainya sebagai fasilitas terbaik.

Dengan dorongan ini, diharapkan BSI dapat memperluas perannya dalam mendukung pertumbuhan ekonomi syariah dan UMKM di Indonesia, sekaligus memperkuat posisinya sebagai bank syariah terkemuka di tanah air.

Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda