Beranda / Berita / BMKG: Hujan Lebat Disertai Petir Berpotensi Landa Sebagian Besar Wilayah Aceh

BMKG: Hujan Lebat Disertai Petir Berpotensi Landa Sebagian Besar Wilayah Aceh

Jum`at, 21 Juni 2024 09:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : biyu
Info prakiraan cuaca tanggal 21/06/2024 dikeluarkan BMKG Aceh. Foto: InfoBMKG

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem untuk sebagian besar wilayah Aceh pada Jumat, 21 Juni 2024. Hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat, petir, dan angin kencang diprediksi akan melanda beberapa kabupaten dan kota di provinsi tersebut.

"Potensi cuaca ekstrem ini diperkirakan terjadi mulai pukul 07.10 WIB dan diproyeksikan berlangsung hingga pukul 11.10 WIB," ujar prakirawan BMKG Aceh melalui situs resmi lembaga tersebut, Jumat (21/06/2024).

Wilayah yang berpotensi terdampak meliputi Kabupaten Aceh Besar, Aceh Selatan, Aceh Tenggara, Aceh Timur, Aceh Utara, Simeulue, Bireuen, Aceh Barat Daya, Gayo Lues, Aceh Jaya, Nagan Raya, dan Aceh Tamiang. Kota Banda Aceh dan Subulussalam juga masuk dalam daftar wilayah yang perlu waspada.

Di Kabupaten Aceh Besar, daerah yang perlu meningkatkan kewaspadaan antara lain Sukamakmur, Simpang Tiga, Darul Kamal, dan Leupung. Sementara di Kota Banda Aceh, seluruh kecamatan berpotensi terdampak, termasuk Baiturrahman, Kuta Alam, Meuraxa, dan Syiah Kuala.

BMKG menghimbau masyarakat di wilayah-wilayah tersebut untuk tetap waspada dan mengikuti perkembangan informasi cuaca terkini. "Masyarakat diharapkan dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk menghindari dampak buruk dari cuaca ekstrem ini," tambah prakirawan BMKG.

Informasi lebih lanjut mengenai perkembangan cuaca dapat diakses melalui situs nowcasting.bmkg.go.id. BMKG akan terus memantau situasi dan memberikan pembaruan jika ada perubahan signifikan dalam prakiraan cuaca.

Keyword:


Editor :
Redaksi

kip
riset-JSI
Komentar Anda