Beranda / Ekonomi / USK Tingkatkan Pemasukan Melalui Tujuh Strategi Bisnis

USK Tingkatkan Pemasukan Melalui Tujuh Strategi Bisnis

Senin, 16 September 2024 11:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Arn

Dr. Syaifullah Muhammad bersama rektor USK dan jajaran Direktorat Bisnis dan Dana Lestari (DBDL) USK. Foto: Dialeksis.com


DIALEKSIS.COM | Aceh - Universitas Syiah Kuala (USK) telah mengambil langkah strategis untuk meningkatkan pendapatan melalui berbagai inisiatif bisnis dan penggalangan dana. Dr. Syaifullah Muhammad, Direktur Bisnis dan Dana Lestari USK, mengungkapkan bahwa sejak menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH), USK telah membentuk Direktorat Bisnis dan Dana Lestari (DBDL) yang bertugas menghasilkan pemasukan melalui unit usaha dan donasi untuk dana lestari.

"Kami telah menetapkan tujuh prioritas untuk mengembangkan bisnis dan dana lestari di USK," ujar Dr. Syaifullah dalam wawancara eksklusif dengan Dialeksis.com, Senin (16/9).

Prioritas pertama adalah peningkatan kapasitas SDM USK di bidang bisnis. "Kami melakukan berbagai pelatihan dan pengayaan wawasan bisnis. Misalnya, unit travel USK diikutkan dalam pelatihan capacity building bersama Garuda Indonesia," jelasnya.

Kedua, DBDL fokus pada peningkatan komunikasi bisnis dengan unit kerja internal USK. Dr. Syaifullah mencontohkan, "Kami mendukung pengembangan Rumah Sakit Hewan Pendidikan (RSHP) dan Apotek yang menjadi support system untuk Prodi Apoteker FMIPA."

Prioritas ketiga adalah pengembangan bisnis yang sudah ada. "Unit-unit seperti percetakan, rumah sakit, dan guest house ditingkatkan skala bisnisnya agar lebih efektif dan efisien," tambahnya.

Inisiasi dan pengembangan unit bisnis baru menjadi prioritas keempat. Dr. Syaifullah memaparkan beberapa unit baru yang telah berhasil mendatangkan pemasukan, termasuk Klinik Pratama, USK Travel, dan USK Store. "Tahun ini, insya Allah akan diresmikan USK Skincare Klinik," ungkapnya.

Prioritas kelima adalah komersialisasi aset. "USK memiliki banyak aset gedung dan tanah yang bisa dikomersialisasikan melalui kerjasama bisnis dengan pihak ketiga," jelas Dr. Syaifullah.

Pengembangan networking nasional dan internasional menjadi prioritas keenam. USK telah menjalin kerjasama dengan berbagai pihak, termasuk holding company perguruan tinggi ternama dan perusahaan luar negeri.

Terakhir, USK fokus pada pengembangan bisnis melalui digitalisasi dan aplikasi. "Dalam waktu dekat, USK akan memiliki aplikasi MyUSK yang mengintegrasikan seluruh kehidupan kampus, termasuk aspek bisnis," ungkapnya Dr. Syaifullah.

Dengan tujuh prioritas ini menurut Dr. Syaifullah, USK berharap dapat meningkatkan kapasitas finansialnya sebagai PTNBH, sekaligus memberikan manfaat lebih besar bagi mahasiswa, dosen, dan masyarakat luas.


Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda