Beranda / Ekonomi / Sambut PON Aceh-Sumut, BSI Gelar Aceh Economic Updates 2024

Sambut PON Aceh-Sumut, BSI Gelar Aceh Economic Updates 2024

Kamis, 22 Agustus 2024 20:30 WIB

Font: Ukuran: - +

BSI Aceh menyelenggarakan seminar bertajuk "Aceh Economic Updates 2024, Titik Balik Ekonomi Aceh" yang diselenggarakan di Landmark BSI Aceh, Kamis (22/8/2024). Foto: Nora/Dialeksis


DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - BSI Aceh menyelenggarakan seminar bertajuk "Aceh Economic Updates 2024, Titik Balik Ekonomi Aceh" yang diselenggarakan di Landmark BSI Aceh, Kamis (22/8/2024).

Acara yang bertujuan menganalisis dan mendiskusikan lanskap perekonomian Aceh dalam rangka menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI yang sebentar lagi akan berlangsung di Aceh. Seminar ini juga secara khusus diadakan sebagai bagian dari rangkaian kegiatan BSI Aceh dalam menyambut PON di Aceh.

Acara ini hadir untuk memberikan wawasan mendalam mengenai tren ekonomi terkini di Aceh, mempersiapkan masyarakat dan pelaku usaha menghadapi berbagai peluang dan tantangan yang ada, memberikan wawasan berharga mengenai prospek perekonomian Aceh dengan fokus pada sektor-sektor utama yang diperkirakan akan berkembang pada tahun 2024 dan seterusnya. 

Pada acara tersebut peserta mempunyai kesempatan untuk terlibat dengan para ekonom dan pakar industri terkemuka, mendorong diskusi yang dapat menghasilkan strategi yang dapat ditindaklanjuti untuk pembangunan dan investasi daerah. Seminar ini juga diharapkan dapat mendukung pengembangan ekonomi Aceh seiring dengan pelaksanaan PON.

Narasumber dalam seminar ini dihadiri oleh para pakar antara lain, Dr. Hendri Saparini, Ekonom Senior dan Founder CORE Indonesia, yang membagikan tentang hubungan kebijakan ekonomi pusat-daerah, dampak kebijakan ekonomi daerah secara umum dan dampak penyelenggaraan PON terhadap ekonomi Aceh. 

Selain itu juga, hadir Prof. Hafas Furqani yang merupakn Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) UIN Ar-Raniry, yang menyampaikan tentang data-data perkembangan ekonomi di Aceh, serta secara spesifik membahas isu-isu serta data-data ketimpangan dan kemiskinan di Aceh. 

Turut Hadir, Ketua Jurusan Ekonomi Pembangunan FEB Universitas Syiah Kuala, Dr. Taufiq C. Dawood, yang membahas tentang hasil penelitian mengenai high-cost economy di Aceh dan rekomendasi untuk mengatasi masalah high-cost economy di Aceh.

Dari sisi BSI juga hadir Luqman Tamanni, PhD, Head of BSI Institute, yang memaparkan Ekonomi Aceh dari Sudut Pandang BSI tentang data-data hasil analisis BSI Institute terhadap BSI Spending Index di Aceh untuk menggambarkan kondisi perekonomian terkini di Aceh.

“Dengan PON yang akan datang, penting untuk menilai bagaimana kita dapat memanfaatkan acara ini untuk merangsang pertumbuhan ekonomi di Aceh dan juga merupakan bentuk literasi kepada seluruh pelaku usaha di Aceh. Kami percaya bahwa seminar ini juga akan memberikan platform untuk kolaborasi dan ide-ide inovatif untuk meningkatkan perekonomian di Aceh,” kata Wachjono, Regional CEO BSI Aceh.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi platform yang efektif untuk berdiskusi, bertukar ide, dan mengidentifikasi peluang investasi serta pengembangan ekonomi yang bermanfaat bagi masyarakat Aceh. 

Selain itu, seminar ini juga merupakan bentuk komitmen BSI Aceh untuk berperan aktif dalam pembangunan ekonomi Aceh, terutama menjelang event besar seperti PON.

Seminar Aceh Economic Update 2024 dihadiri oleh seluruh stakeholders sektor perekonomian di Aceh, baik pemerintah, regulator, akademisi, pelaku usaha, lembaga keuangan dan jurnalis ekonomi Aceh serta nasabah priority BSI Aceh.

BSI sahabat finansial, sahabat sosial dan sahabat spiritual berkomitmen untuk menyediakan solusi keuangan sesuai dengan prinsip syariah. Dengan jaringan yang luas dan layanan yang inovatif, BSI terus mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan di seluruh Aceh.[]

Keyword:


Editor :
Alfi Nora

riset-JSI
Komentar Anda