Beranda / Ekonomi / PON XXI Aceh-Sumut Diharap Dongkrak Ekonomi Lokal

PON XXI Aceh-Sumut Diharap Dongkrak Ekonomi Lokal

Selasa, 03 September 2024 08:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, Nia Niscaya. Foto: dok. Kemenparekraf


DIALEKSIS.COM | Jakarta - Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Aceh dan Sumatera Utara pada 9-20 September 2024 diyakini akan memacu pergerakan wisatawan nusantara dan menguatkan ekonomi daerah.

Nia Niscaya, Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf, menyatakan dukungan kementerian sebagai wakil ketua pelaksana bidang pendampingan penyelenggaraan. "Event ini diprediksi meningkatkan kunjungan hingga 20 ribu orang, termasuk atlet," ujarnya dalam The Weekly Brief With Sandi Uno, Senin (2/9/2024).

Bank Indonesia Aceh memperkirakan PON XXI akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi Aceh sebesar 4-4,8 persen. Nia berharap produk lokal Aceh dan Sumut akan mengalami lonjakan permintaan, seperti yang terjadi pada pempek saat Asian Games di Sumatra Selatan.

Kemenparekraf mendukung penyelenggaraan side event dalam Karisma Event Nusantara di Aceh, Sumut, dan Surakarta, termasuk Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII di Surakarta pada 6-13 Oktober 2024. Kementerian juga mempromosikan event melalui media miliknya dan bekerja sama dengan online travel agent untuk menawarkan paket wisata.

Beberapa paket perjalanan yang ditawarkan meliputi Sei Binge Rafting, Bukit Lawang Trekking, tur Danau Toba, dan Medan Heritage City Tour. "Kami juga mendampingi konsep opening dan closing ceremony PON XXI," tambah Nia.

Keyword:


Editor :
Redaksi

riset-JSI
Komentar Anda