Beranda / Ekonomi / Penyaluran KUR Masyarakat Aceh Dukung Pengembangan UMKM di Langsa

Penyaluran KUR Masyarakat Aceh Dukung Pengembangan UMKM di Langsa

Rabu, 29 Mei 2024 15:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Kegiatan penyaluran KUR Masyarakat Aceh (KURMA) dan Sosialisasi Leterasi Keuangan Syariah kepada Masyarakat Pelaku Usaha di Gampong Wisata bertempat di Aula Cakra Donya Kota Langsa, Selasa (28/5/2024). [Foto: Prokopim Langsa]


DIALEKSIS.COM | Langsa - Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) bermanfaat dalam mendorong ekonomi kerakyatan dan mendukung pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di daerah.

Sehubungan dengan itu, Pemerintah Kota (Pemko) Langsa, Provinsi Aceh, bersama instansi terkait, menggelar kegiatan penyaluran Kredit KUR Masyarakat Aceh (KURMA) dan Sosialisasi Literasi Keuangan Syariah kepada Masyarakat Pelaku Usaha di Gampong (desa) Wisata, bertempat di Aula Cakra Donya Kota Langsa, Selasa (28/5/2024).

Penjabat (Pj) Wali Kota Langsa, Syaridin, mengapresiasi terlaksananya kegiatan tersebut. 

“Pelaku usaha adalah salah satu penggerak perekonomian Kota Langsa selama ini, terima kasih atas kontribusi yang telah Saudara berikan,” ujarnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini bertujuan untuk mempercepat akses keuangan masyarakat Aceh, khususnya di wilayah Kota Langsa melalui beberapa program akses keuangan sejak dini dengan Simpanan Pelajar.

Selain itu, Peningkatan Investor Muda dengan Sekolah Pasar Modal dan Kredit/Pembiayaan Melawan Rentenir dengan KUR, serta Ekosistem Keuangan Inklusi pada Gampong Wisata.

Di antaranya Gampong Cinta Raja di Kecamatan Langsa Timur merupakan salah satu desa wisata di Kota Langsa.

Adapun kegiatan ini diinisiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Aceh dan Industri Jasa Keuangan (IJK) di wilayah Kota Langsa bekerja sama dengan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kota Langsa.

”Gunakanlah KUR ini dengan sebaik-baiknya untuk usaha dan kelola dengan baik agar dapat menghasilkan pemasukan, bayarlah tepat waktu dengan nominal sesuai akad pembiayaannya,” imbau Syaridin.

Pemkot dan masyarakat Kota Langsa mengucapkan terima kasih kepada OJK selaku Pengarah dan Sekretaris TPAKD yang menginisiasi KURMA ini dan kepada IJK seperti Bank Aceh Syariah, Bank Syariah Indonesia, Pegadaian Syariah, sebagai penyalur KUR.

“Kegiatan ini turut mendukung pengembangan ekonomi kerakyatan, terutama di sektor UMKM yang memiliki peran strategis dalam perekonomian daerah,” tuturnya.

Syaridin mengajak seluruh pihak terkait, baik dari pemerintah, perbankan, maupun lembaga keuangan lainnya untuk terus bersinergi dalam mendukung pelaku UMKM, dengan demikian dapat tercipta ekosistem usaha yang kondusif dan kompetitif.

Seperti halnya Bank Syariah, sistem keuangan syariah, baik prinsip-prinsip dan produk-produk keuangan syariah, memiliki potensi besar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Melalui prinsip bagi hasil, keadilan, dan transparansi, keuangan syariah dapat menjadi pilar penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.[*]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda