Beranda / Ekonomi / IPKB: Pesanan Atribut Kampanye Turun Drastis Dibandingkan Pemilu Lalu

IPKB: Pesanan Atribut Kampanye Turun Drastis Dibandingkan Pemilu Lalu

Jum`at, 12 Januari 2024 09:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Ilustrasi. Ikatan Pengusaha Konveksi Bandung (IPKB) sebut pemesanan atribut pemilu 2024 turun drastis dibandingkan pemilu 2019. [Foto: Bisnis/Rachman]




DIALEKSIS.COM | Bandung - Ketua Umum Ikatan Pengusaha Konveksi Bandung (IPKB) Nandi Herdiaman mengungkapkan, umumnya musim kampanye Pemilu menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Lantaran, pembuatan segala atribut kampanye dikerjakan oleh pelaku UKM.

Hingga saat ini tetap ada pemesanan, tapi berbeda dengan musim kampanye 2019, dalam tiga bulan sebelumnya sudah ada order dari 4 hingga 15 juta hanya dari partai. Pada masa kampanye 2024, jutaan pun tak sampai.

“Hanya puluhan ribu saja itu pun bukan dari partai hanya dari Caleg. Mereka membuat pesanan tetapi dadakan dan tidak dalam jumlah besar, waktunya pun mepet. Penjualan kami turun drastis hingga 70 persen dibanding Pemilu 2019,” kata Nandi, mengutip KemenkopUKM, Jum'at (12/1/2023).

IPKB telah membantu mendorong penjualan sejak enam bulan terakhir dengan membekali para anggota atau penjual yang tergabung dalam IKM untuk berjualan secara online.

“Kami juga menggandeng marketplace seperti Shopee untuk membantu para pelaku konveksi bisa tetap berjualan online. Ini upaya kami agar tetap bertahan di era digitalisasi saat ini,” pungkasnya. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
Komentar Anda