Beranda / Ekonomi / 30 Pelaku UMKM di Aceh Tenggara Dilatih Peningkatan Kualitas Produk

30 Pelaku UMKM di Aceh Tenggara Dilatih Peningkatan Kualitas Produk

Kamis, 15 Agustus 2024 19:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara, melalui Dinas Koperasi UKM dan Transmigrasi, mengadakan pelatihan untuk pelaku UMKM. [Foto: Prokopim Agara]


DIALEKSIS.COM | Kutacane - Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara, melalui Dinas Koperasi UKM dan Transmigrasi, mengadakan pelatihan untuk pelaku UMKM.

Pelatihan angkatan pertama ini berlangsung mulai 12 hingga 14 Agustus 2024 di Hotel Maroon dan diikuti oleh 30 peserta.

Acara dibuka Staf Ahli Bupati Aceh Tenggara Bidang Pengawasan, Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Julkarnain.

Dalam sambutannya, Julkarnain menyampaikan bahwa Aceh Tenggara memiliki berbagai potensi produk unggulan. Namun, kurangnya inovasi, promosi, dan kreativitas menghambat perkembangan UMKM di daerah tersebut.

"Produk UMKM kita sebenarnya memiliki kualitas yang bersaing di pasar global, tetapi masih memerlukan inovasi dan promosi yang lebih baik," ungkap Julkarnain.

Julkarnain juga menggarisbawahi bahwa pelatihan ini sejalan dengan visi Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara, yaitu menumbuhkembangkan perekonomian rakyat dan menuju kedaulatan sumber daya alam yang berkarakter. Diharapkan pelatihan ini dapat membantu memajukan ekonomi masyarakat.

Penjabat Bupati Aceh Tenggara, Syakir berharap agar para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan serius dan memahami materi yang disampaikan. Tujuannya adalah agar pelaku UMKM memiliki kompetensi yang dapat meningkatkan daya saing produk mereka.

Sekretaris Dinas Koperasi UKM dan Transmigrasi, Karnodi, menambahkan bahwa pelatihan ini diharapkan dapat mempermudah pelaku UMKM dalam mendapatkan izin dari BPOM, sertifikasi halal dari Kemenag Kabupaten Aceh Tenggara, dan IPRT dari Dinas Kesehatan. Hal ini bertujuan agar produk UMKM aman dan sehat untuk dikonsumsi.

Joni Hendri, Kabid Penilaian Kesehatan Usaha Simpan Pinjam/Koperasi Simpan Pinjam dan UKM, serta Ketua Panitia Pelatihan, menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan angkatan pertama dari tiga angkatan yang akan diselenggarakan, dengan masing-masing angkatan diikuti oleh 30 peserta.

Narasumber pada pelatihan angkatan pertama meliputi Dr. Ridwan Syah Beruh, SA, M.A dari Kemenag Kabupaten Aceh Tenggara, Sri Wardono, S.SI, Apt. M.Si, Hikmah, S. Fram. Apt dari Loka POM Kabupaten Aceh Tengah, serta Mardiani Br. Stepu, S. Fram Apt dari Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tenggara.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan daya saing produk UMKM di Aceh Tenggara, serta mendukung pertumbuhan ekonomi lokal. [*]

Keyword:


Editor :
Indri

kip
riset-JSI
Komentar Anda