Beranda / Berita / Dunia / Qatar Sepakat Pasok Gas ke China selama 27 Tahun

Qatar Sepakat Pasok Gas ke China selama 27 Tahun

Senin, 21 November 2022 23:30 WIB

Font: Ukuran: - +

Pemandangan fase 2-3 ladang gas South Pars, dimiliki bersama oleh Iran dan Qatar, di Assaluyeh di pantai Teluk Persia Iran 27 Mei 2006. [Foto: Reuters]


DIALEKSIS.COM | Dunia - Kepala QatarEnergy Saad al-Kaabi mengatakan kepada Reuters pada hari Senin bahwa perusahaan tersebut menandatangani perjanjian penjualan dan pembelian selama 27 tahun dengan Sinopec China, yang terpanjang dalam sejarah kesepakatan gas alam cair (LNG).

“Hari ini adalah tonggak penting untuk perjanjian jual beli pertama untuk proyek North Field East, 4 juta ton selama 27 tahun untuk Sinopec China,” kata Kaabi dalam sebuah wawancara di Doha, sesaat sebelum penandatanganan kesepakatan.

“Ini menandakan kesepakatan jangka panjang ada di sini dan penting bagi penjual dan pembeli,” katanya.

Ladang Utara adalah bagian dari ladang gas terbesar di dunia yang dibagi Qatar dengan Iran, yang menyebut bagiannya South Pars.

QatarEnergy awal tahun ini menandatangani kesepakatan untuk North Field East, fase pertama dan lebih besar dari rencana ekspansi dua fase North Field, yang mencakup enam kereta LNG yang akan meningkatkan kapasitas pencairan Qatar menjadi 126 juta ton per tahun pada 2027 dari 77 juta.

Itu juga kemudian menandatangani kontrak dengan mitra untuk North Field South, fase kedua dari ekspansi.

“Kami sangat senang dengan kesepakatan dengan Sinopec ini karena kami telah memiliki hubungan jangka panjang di masa lalu dan ini membawa hubungan kami ke level baru karena kami memiliki SPA yang akan bertahan hingga tahun 2050-an,” kata Kaabi.

"Saya pikir volatilitas baru-baru ini telah mendorong pembeli untuk memahami pentingnya memiliki pasokan jangka panjang," katanya.

Kaabi juga menambahkan bahwa negosiasi untuk saham ekuitas dalam proyek ekspansi negara Teluk sedang berlangsung dengan beberapa entitas.

QatarEnergy telah mempertahankan 75% saham secara keseluruhan dalam ekspansi tersebut dan dapat memberikan hingga 5% dari saham tersebut kepada beberapa pembeli. [CNN]

Keyword:


Editor :
Indri

riset-JSI
distanbun 12
Komentar Anda