Beranda / Berita / Aceh / Rustam Effendi Sebut Isi Deklarasi KTT G20 Sudah Sesuai Harapan

Rustam Effendi Sebut Isi Deklarasi KTT G20 Sudah Sesuai Harapan

Kamis, 17 November 2022 17:00 WIB

Font: Ukuran: - +

Reporter : Akhyar

Pengamat ekonomi, Rustam Effendi. [Foto: ist]

DIALEKSIS.COM | Banda Aceh - Pengamat ekonomi, Rustam Effendi mengatakan, deklarasi bersama KTT G20 di Bali sudah sangat sesuai dengan apa yang diharapkan. 

“Ini merupakan bentuk pengakuan global bersama bahwa persoalan ketahanan pangan telah menjadi isu kritis,” ujar Rustam Effendi kepada reporter Dialeksis.com, Banda Aceh, Kamis (17/11/2022).

Effendi melanjutkan, pangan ke depan tidak bisa lagi dianggap sebagai hal yang sepele, tetapi perlu disikapi secara kritis.

Ia menegaskan bahwa pangan sekarang ini telah menjadi bukti dari faktor pengganggu terhadap perekonomian yang berdampak pada memburuknya masyarakat global.

“Krisis pangan juga menjadi penghambat negara-negara dalam mengupayakan antisipasi persoalan kemiskinan global,” jelas dia.

Menurutnya, harga pangan yang tinggi kini juga kian mengancam daya beli masyarakat di negara-negara yang selama ini dikenal perekonomiannya bagus seperti Amerika Serikat, Inggris, dan lain-lain.

Di sisi lain, dengan letak geografis dan kesuburan lahan yang tersedia, Effendi mengharapkan agar Indonesia dapat menjadi pendukung upaya penguatan ketahanan pangan global.

“Upaya substitusi impor dan mendorong ekspor produk pertanian berbasis pangan utama yang dibutuhkan dunia harus menjadi sasaran pemerintah nasional ke depan,” pungkasnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Rabu (17/11/2022) kemarin secara resmi sudah menutup acara KTT G20.

Dari acara tersebut terdapat beberapa poin kesepakatan bersama para negara yang hadir. Adapun bunyi sejumlah poin deklarasi KTT G20 ialah sebagai berikut:

- Forum G20 menyuarakan keprihatinan yang mendalam atas resiko ketahanan pangan global yang ditimbulkan oleh meningkatnya ketegangan.

- Forum juga menekankan perlunya independensi bank sentral untuk memastikan mereka terus berupaya mengekang inflasi yang melonjak.

- Sebagian besar anggota juga mengutuk keras perang di Ukraina yang menyebabkan penderitaan manusia yang luar biasa dan memperburuk kerapuhan yang ada dalam ekonomi global.

- Di sektor pangan, negara-negara anggota juga setuju untuk tidak melarang atau membatasi ekspor produk pangan dan pupuk.

- Forum KTT G20 juga berkomitmen untuk memastikan pasokan pangan yang berkelanjutan, menjaga akses sumber makanan lokal, serta memastikan ketersediaan pupuk. Upaya ini dilakukan untuk mendukung negara yang menghadapi kerentanan ekonomi.

- G20 juga sepakat menjaga makro ekonomi dan membuka peluang investasi bagi negara yang berpenghasilan rendah.(Akh)


Keyword:


Editor :
Akhyar

riset-JSI
distanbun 12
Komentar Anda