Dialeksis - Akurat, Tajam, dan Strategis
Klinik Kita
Beranda / Berita / Dunia / Putri pendiri Huawei ditangkap atas permintaan AS

Putri pendiri Huawei ditangkap atas permintaan AS

Kamis, 06 Desember 2018 23:10 WIB


DIALEKSIS.COM | Washington - Penangkapan Meng Wanzhou, Putri Pendiri raksasa teknologi Cina pendiri Huawei di Kanada merupakan permintaan Amerika. 

Meng Wanzhou adalah kepala keuangan Huawei Technologies Co Ltd.

Meng, salah satu wakil ketua di dewan perusahaan dan putri pendiri perusahaan Ren Zhengfei, ditangkap pada 1 Desember atas permintaan otoritas AS, dan hari jumat akan menjalani persidangan, kata jurubicara Departemen Kehakiman Kanada.

Pada waktu yang sama Presiden Trump dan Presiden China Xi bertemu dalam jamuan makan malam di Argentina pada 1 Desember di KTT G20 membahas perdagangan dunia negara adidaya tersebut.

Sumber mengatakan kepada Reuters pada bulan April bahwa pihak berwenang AS telah menyelidiki Huawei, pembuat peralatan telekomunikasi terbesar di dunia, setidaknya sejak tahun 2016 karena diduga mengirimkan produk asal AS ke Iran dan negara-negara lain yang melanggar undang-undang ekspor dan sanksi AS.

Huawei mengkonfirmasi penangkapan itu dalam sebuah pernyataan dan mengatakan bahwa itu telah diberikan sedikit informasi tentang tuduhan itu, menambahkan bahwa itu "tidak mengetahui kesalahan apa pun oleh Ms. Meng".

Dia ditahan ketika dia mentransfer penerbangan di Kanada, tambahnya.

Kedutaan China di Kanada mengatakan dengan tegas menentang penangkapan itu dan menyerukan agar Peng segera dibebaskan.

Pada bulan April, sumber mengatakan kepada Reuters bahwa pemeriksaan Departemen Kehakiman AS sedang ditangani oleh kantor pengacara AS di Brooklyn.

Departemen Kehakiman AS pada hari Rabu menolak berkomentar. Juru bicara kantor pengacara AS di Brooklyn juga menolak berkomentar.

Penangkapan itu telah menimbulkan keraguan baru atas pembahasan perang dagang China dan Amerika.

Penangkapan dan setiap sanksi potensial terhadap pembuat smartphone terbesar kedua di dunia dapat memiliki dampak besar pada rantai pasokan teknologi global. Saham Qualcomm Inc dan Intel pemasok Asia ke Huawei jatuh pada perdagangan Kamis. (j)

Editor :
Jaka Rasyid

IKLAN SYAMSUL RIZAL ACADEMIC LEADER 2018
Komentar Anda